Masuk Ambon Tanpa KTP, Diusir Densus

Gong Perdamaian Dunia di Ambon, Maluku
Sumber :
  • Antara/ Prasetyo Utomo

VIVAnews - Pihak keamanan masih menjaga ketat Ambon pasca-kerusuhan beberapa hari lalu. Bahkan ada tiga orang yang baru datang di Ambon disuruh pergi kembali ke daerah asal.

Kapolda Maluku Brigadir Jenderal Polisi Syarief Gunawan di Markas Polda Maluku, Rabu 21 September 2011, mengatakan, ketiga pendatang tidak memiliki tujuan yang jelas ke Ambon. Dari hasil interogasi yang dilakukan, pihak kepolisian memutuskan untuk mengembalikan mereka.

Ceritanya, pada Selasa 20 September 2011 kemarin, tiga orang yang berasal dari Jawa Timur itu mendarat di Bandara Internasional Pattimura menggunakan pesawat Sriwijaya B-737, Reg PK-CKA dengan Captain pilot Ishak.

Rusia Tiba-tiba Pindahkan Rudal Supersoniknya ke Timur Tengah, Bantu Iran?

Setelah dilakukan pengecekan, ternyata   Bagas Eko (43 th), asal desa Guluk Manjuk Kecamatan Bluto; Didin Rohidin (34 th), dan Kahyari (39 th) tidak memiliki kartu pengenal diri. Untuk penyelidikan lebih lanjut, mereka dibawa oleh tim Densus 88 ke Markas Polda Maluku untuk diinterogasi.
 
“Mereka tidak  memberikan keterangan yang jelas, tentang tujuannya ke Ambon. Dari hasil interogasi, akhirnya diputuskan untuk memulangkan mereka ke daerah asalnya," kata Gunawan.

Jenderal bintang satu ini menyatakan, saat ini beredar SMS gelap yang bernada provokasi baik di Maluku maupun di luar Maluku. SMS  ini yang menyebabkan  mereka mendatangi  Maluku.
 
Menurut Gunawan, aksi razia ini akan terus dilakukan, untuk mengantisipasi masuknya pendatang yang memiliki tujuan tidak jelas ke Ambon. Kapolda juga mengharapkan, kondisi keamanan di Maluku berangsur-angsur membaik dan masyarakat tidak terprovokasi  untuk melakukan tindakan kekerasan yang berdampak pada stabilitas keamanan di Maluku.

Kapolda menambahkan, aksi razia ini akan terus dilakukan di seluruh pintu masuk kota Ambon, bahkan setiap perkembangan masuknya pesawat maupun kapal laut akan terus terpantau oleh Polda Maluku. Sehingga jika ada  warga luar yang ditemukan masuk ke Kota Ambon  dengan tujuan yang tidak jelas serta membawa barang-barang mencurigakan akan langsung diperiksa,  bahkan kalau  terbukti ada unsur pidana langsung diproses sesuai prosedur hukum yang berlaku.

6 Jenderal Polisi Bintang 4 yang Berasal dari Jawa Tengah, Siapa Saja?

Untuk diketahui, ketiga pria tersebut diamankan Intelkam Polda Maluku setelah melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Ambon dengan menumpangi maskapai penerbangan Sriwijaya Airlaines. Ketiganya di tangkap di  Bandar Udara Pattimura sekira  pukul 12.00 Wit selasa kemarin.

Sebelumnya menurut informasi Vivanews dalam razia yang sama pada Sabtu kemarin, pihak kepolisian Polda Maluku juga berhasil memulangkan dua orang pria asal pulau Jawa karena kedapatan membawa alat tajam, kedua pria tersebut menumpangi salah satu kapal milik PT Pelni dan ditangkap di pelabuhan Yos Sudarso Ambon. (eh)

Laporan: Dianthi dan Abdul Karim | Ambon

Bangga Promosikan Batik, Desainer Barbie Awliya Berjuang Keras di Paris
Kemenhan / Kemhan RI / Kementerian Pertahanan Republik Indonesia

Proyek Kantor Prabowo di IKN Senilai Rp 1,7 Triliun Mulai Dilelang

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai melelang proyek Pembangunan Gedung dan Kawasan Perkantoran Kementerian Pertahanan di Ibu Kota Nusantara (IKN)

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024