Kalla: Menangkan Komodo, Menangkan Indonesia

Komodo
Sumber :
  • ANTARA/ M Risyal Hidayat

VIVAnews - Mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla, didaulat menjadi Duta Pulau Komodo untuk memenangkan kontes New 7 Wonders of Nature yang digelar pada 11 November 2011. JK mengajak rakyat Indonesia untuk mendukung Pulau Komodo sebagai salah satu keajaiban dunia dalam kontes itu.

Rumah Digruduk Warga, Via Vallen Tetap Santai Update Sosmed Tentang Kehamilan

"Asal usul jutaan tahun ada di sini. Menangkan Komodo, menangkan Indonesia," kata Kalla saat melakukan kunjungan ke Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur.

Namun, Kalla menyayangkan batalnya Indonesia menjadi tuan rumah untuk ajang tersebut. Apalagi, alasannya tidak memiliki biaya.

Klarifikasi Isu Koalisi Prabowo Bergejolak soal Jatah Menteri, Sekjen Gerindra Bilang Begini

Menurut dia, harusnya pemerintah mencari solusi cerdas agar tetap bisa menjadi tuan rumah ajang dunia itu. "Mestinya swasta saja, ini kan bisnis. Ini seperti Indonesian Idol. Sebenarnya bisa kita mencari swasta," kata dia.

"Menjadi host itu semacam academi award-nya, tahun lalu di Madrid. Masa kita ini negara besar, begitu saja tidak bisa bersaing," tuturnya.

7 Negara dengan Populasi Pedesaan Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor 4

Kalla juga mengkritik pemerintah yang menaruh curiga pada yayasan penyelenggara New 7 Wonders of Nature ini. Menurut dia, yayasan penyelenggara kontes ini justru sangat kredibel. "Nggak usah curiga," kata dia.

Kalla mengatakan, kesempatan menjadi tuan rumah itu sangat langka. Sebab, Pulau Komodo sudah bersaing dengan 400 kontestan lainnya dan akhirnya menang menjadi semifinal. Harusnya, pemerintah tidak menyia-nyiakan kesempatan itu. "Tiga negara bersaing menjadi host, dan kita menang pula," kata dia.

"Untuk jadi host mesti simpan deposit. Dia (pemerintah) tidak lakukan, dia tidak punya uang. Jadi dibatalin dong," ujarnya.

Namun, lanjut Kalla, dengan sisa waktu sekitar 40 hari, yang terpenting adalah memenangkan Pulau Komodo menjadi satu dari 7 keajaiban dunia. Dukung Pulau Komodo lewat situs ini. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya