Pemimpin Kristen Sedunia Kumpul di Manado

Gereja Kidul Lodji
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq

VIVAnews - Sekitar 275 pemimpin Kristen sedunia akan berkumpul pada pekan ini, 4 hingga 7 Oktober 2011 di Manado. Acara Forum Kristen Global ini mengumpulkan petinggi Kristen Evangelis, Pantekosta, Protestan, Katolik, dan Ortodok untuk membicarakan perubahan terakhir.

"Kami berencana untuk menelaah kecenderungan global yang mengubah Kristianitas, mendengarkan laporan perkembangan dan perjuangan gereja di beberapa bagian dunia, dan mendiskusikan bagaimana panduan kami bisa diperkuat," kata Pendeta Wesley Granberg-Michaelson, seorang panitia Forum Kristen Global dari Reformed Church di Amerika.

Granberg-Michaelson menyatakan, rumor penurunan pengikut Kristen terlalu dini, khususnya di Afrika dan Asia. "Faktanya, hari ini ada 560 juta pengikut Pantekosta, yang artinya satu dari setiap empat Kristen memiliki latar belakang Pantekosta," katanya dilansir The Washington Post.

Di Afrika, pengikut Kristen meningkat dalam 100 tahun terakhir, dari hanya beberapa juta kini menjadi 375 juta. "Membuat Kristianitas di Afrika yang paling tumbuh cepat," ujar dia.

Forum Kristen Global ini terbuka bagi semua aliran Kristen. Forum ini didirikan saat Dewan Gereja Dunia menggelar rapat di Zimbabwe pada 1998. Namun, Forum Kristen Global diklaim lebih mewakili dibanding Dewan Gereja Dunia.

"Dewan Gereja Dunia hanya memasukkan seperempat dunia Kristen," kata Granberg-Michaelson, yang dulu menjadi salah satu direktur di Dewan itu.

Jaga Toko Kue Sendirian, Pegawai Wanita Ini Jadi Korban Tindakan Asusila

Sementara itu, Forum Kristen Global lebih luas. "Ini satu-satunya wadah yang membuat semua dunia Kristen diwakili secara berarti," tuturnya. (art)

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Mantan PM Inggris Tony Blair

Bertemu Tony Blair, Menko Airlangga Bahas Inklusivitas Keuangan Hingga Stabilitas Geopolitik

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan mantan Perdana Menterin (PM) Inggris Tony Blair melakukan pertemuan di Kantor Kemenko Perekonomian.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024