Kredit Motor Mudah, Bus Kota Tak Laku

Pulsarian Community Indonesia Yogyakarta
Sumber :
  • www.pulsarjogja.890m.com

VIVAnews - Kondisi angkutan bus kota di Yogyakarta semakin mengenaskan. Sebagian besar angkutan umum di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta sudah dimakan usia, hanya sekitar 30 persen kondisi bus yang benar-benar dalam kondisi prima.

Diduga, keterpurukan angka pengguna angkutan umum menyebabkan perawatan bus tidak dapat dilakukan secara maksimal. "Pengusaha bus yang selama ini melayani masyarakat kota Yogyakarta dengan bus kotanya dan masyarakat DIY dengan AKDP selalu merugi sehingga tidak bisa merawat busnya dengan baik," kata Tjipto Haribowo, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi, DIY, Rabu, 5 Oktober 2011.

Perkembangan kendaraan bermotor roda dua di Yogyakarta yang semakin tinggi menyebabkan konsumen bus kota atau AKDP beralih ke moda bermotor roda dua. Hal ini ditunjang dengan persyaratan perkreditan yang semakin mudah dan uang muka yang murah.

"Saat ini kursi setiap bus yang terisi tidak sampai 50 persen. Tentunya akan berdampak pada menurunnya pendapatan operator bus," ujarnya.

Menurut Tjiptono kondisi angkutan yang usianya antara 15-20 tahun belum tentu tidak menarik kepada pengguna jasa angkutan darat, namun karena keterbatasan dana untuk perawatan bus oleh operator ini menyebabkan kondisi bus sangat memprihatinkan dan tak lagi dilirik oleh pengguna jasa karena sama sekali tidak memberikan rasa aman dan nyaman.

"Memang perlu ada pembenahan manajemen dari operator bus agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengguna jasa angkutan," katanya.

Lebih lanjut Tjiptono menyatakan untuk kembali memberikan rasa nyaman dan aman kepada pengguna jasa angkutan pemerintah seperti diamanatkan dalam UU mempunyai tanggung jawab memberikan pelayanan publik maka diambil kebijakan dengan mengoperasikan bus TransJogja.

"Kita menggandeng para operator bus untuk turut bersama mereformasi angkutan perkotaan sehingga muncul TransJogja," katanya. (eh)

5 Cara Ampuh Melepaskan Diri dari Kecanduan Alkohol

Laporan Juna Sanbawa | Yogyakarta

Mobil patroli polisi (FOTO ILUSTRASI)

Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur

Mobil patroli Polsek Setiabudi, yang berhasil dibawa kabur oleh pelaku jambret, yang beraksi di Jalan HR Rasuna Said, Karet, Kuningan, Jakarta Selatan, sudah diketemukan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024