DPR Panggil Menlu & Menhan Bahas Camar Bulan

Peta Kalimantan
Sumber :

VIVAnews - Kasus sengketa perbatasan Indonesia-Malaysia di Camar Bulan dan Tanjung Datu, Kalimantan Barat, kembali memanaskan hubungan kedua negara. Besok, DPR akan mengundang pemerintah dan pihak terkait khusus membahas isu ini.

"Komisi I mengundang Menteri Luar Negeri, Menteri Pertahanan, BNPP (Badan Nasional Pengelola Perbatasan), dan Panglima TNI. Rencananya Selasa besok, untuk bahas bersama terkait wilayah Camar Bulan dan Tanjung Datu," kata Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq di DPR RI, Jakarta, Senin 10 Oktober 2011.

Komisi I DPR hendak mendalami masalah Camar Bulan dan Tanjung Fatu yang ditengarai telah dikelola oleh Malaysia. DPR akan mengundang pemerintah untuk membahas dan mencari solusinya.

Menurut Mahfudz, informasi yang dimiliki Komisi I DPR menunjukkan Malaysia melakukan kegiatan budidaya Penyu dan membangun obyek wisata di daerah itu. Mahfudz menjelaskan, Camar Bulan dan Tanjung Datu diketahui masih termasuk dalam wilayah Kalimantan Barat, Indonesia.

Namun di wilayah itu, berdasarkan informasi yang dimiliki komisi I, sering dimasuki oleh polisi Di Raja Malaysia pada saat berpatroli. Mahfudz mencemaskan kasus Sipadan dan Ligitan bisa terjadi lagi dengan cara yang sama pada Camar Bulan dan Tanjung Datu.

Malaysia dulu mengklaim Sipadan dan Ligitan karena di daerah itu ada kegiatan warga negaranya. "Kalau kita lihat kan Tanjung Datu dan Camar Bulan sudah dikelola Malaysia, mereka mau tunjukkan bahwa mereka eksis di sana. Makanya ini jadi problem yang serius bagi pemerintah. Untuk itu kita harus tegas mengambil sikap," kata Mahfudz.

Pemerintah diharapkan bisa melakukan diplomasi yang lebih tegas agar kasus Sipadan dan Ligitan tidak terulang lagi. "Terhadap masalah ini, pemerintah harus tegas. Pemerintah harus mulai menginsiasi hard diplomacy, tak bisa lagi soft diplomacy," kata politisi PKS ini. (sj)

Kementan Lepas Ekspor Komoditas Perkebunan ke Pasar Asia dan Eropa
Anies dan Cak Imin saat silaturahmi  hari raya lebaran tahun 2024

Cak Imin Posting Foto Bareng Dasco Gerindra, Apa Artinya?

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengunggah foto bersama Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024