Mantan Kepala BIN: Camar Bulan Milik RI

Pulau Rondo, salah satu pulau terluar terletak di Aceh
Sumber :
  • Antara/ Irwansyah Putra

VIVAnews - Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), AM Hendropriyono menegaskan, wilayah Camar Bulan dan Tanjung Datu adalah wilayah sah Indonesia. Hendro menuturkan hal itu diperkuat dengan pengalaman sejarah tahun 1968 sampai dengan 1973 ketika TNI membantu Tentara Diraja Malaysia menumpas gerakan separatis Pasukan Gerilya Serawak.

"Pada saat itu, kedua belah pihak memahami betul di mana batas-batas negara kita karena secara de facto kita melihat kenyataan di lapangan sehingga Camar Bulan adalah tempat dan markas kita. Markas dari pasukan anti gerilya. Jelas bahwa Camar Bulan itu adalah posisi dari markas kita," katanya saat ditemui di Grand Indonesia, Jakarta, Senin, 10 Oktober 2011.

Purnawirawan TNI itu menjelaskan, perbatasan Indonesia dahulu seperti di daerah Nangabadao, Tangir, Boantu, menjadi pos bersama, diduduki bersama untuk mengawasi lintas batas orang-orang yang lalu lalang dari Malaysia ke Indonesia dan sebaliknya. Setelah ditarik pasukan Indonesia dan suasana sudah damai tidak ada lagi yang menjaga, lantas diserahkan kepada aparat daerah.

Peristiwa itu kurang lebih terjadi sekitar tahun 1974. Batas-batas itu semakin lama tempatnya semakin pindah. "Dan sekarang katanya hilang. Tapi bahwa dulu pindah-pindah, pernah kita persoalkan, kita pindahkan lagi, kembalikan kepada tempatnya. Dan batas-batas itu tidak semuanya ada karen itu warisan dari zaman Belanda dan Inggris," ujarnya. (umi)

Saham Berdividen, Pilihan Terbaik untuk Investor Konservatif
Ilustrasi Gedung KPK.

KPK Ungkap Masih Ada 6 Menteri dan 3 Wakil Menteri Jokowi Belum Lapor LHKPN

KPK mengingatkan tingaal tiga hari lagi tenggat waktu bagi pejabat negara, termasuk menteri untuk melaporkan LHKPN.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024