Pekan Depan, Komisi I Tinjau Camar Bulan

Sumber :
  • VIVAnews/ Tri Saputro

VIVAnews - Komisi I DPR akan melakukan kunjungan lapangan ke Camar Bulan dan Tanjung Datu, Kalimantan Barat.

Kunjungan dimaksudkan untuk memverifikasi informasi intelijen, bahwa ada kegiatan budi daya penyu dan pembangunan obyek wisata taman nasional milik Malaysia di daerah tersebut.

"Tugas kita kan melakukan cek dan ricek. Oleh karena itu Komisi I berencana dalam pekan ini akan mengirim tim untuk meninjau langsung ke lapangan, memverifikasi informasi itu," ujar Mahfudz Siddiq di gedung DPR RI, Jakarta, Selasa 11 Oktober 2011.

Menurut Mahfudz, Tanjung Datu dan Camar Bulan telah lama menjadi wilayah administratif Kalimantan Barat.

Setelah selesai meninjau lapangan dan mengumpulkan semua data, Komisi I kata Mahfudz, akan mengundang pihak pemerintah. Seperti, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan, Menteri Dalam Negeri selaku Ketua Badan Nasional Pengelola Perbatasan. "Untuk membicarakan masalah itu," kata Mahfudz.

Mahfudz menambahkan, bahwa MoU yang dibuat team border committe Indonesia dan Malaysia tahun 1978 menyatakan, wilayah tersebut masih bersifat status quo karena belum diratifikasi.

"Mestinya dalam kondisi status quo seperti itu, tidak boleh pihak Malaysia melakukan pendudukan efektif melalui pembangunan apapun," tegasnya. (eh)

5 Film Romantis Berlatar Perang Dunia II, Kisah Cinta di Tengah Kekacauan
Menteri ATR/Kepala BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

AHY Wanti-wanti Prabowo Usai Bertemu Cak Imin

Ketua Umum Partai Demokrat AHY merespons pertemuan Prabowo Subianto dengan Cak Imin di kantor DPP PKB, Rabu. AHY memberikan peringatan ke Prabowo

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024