Kelaparan, Enam Warga NTT Meninggal Dunia

Warga kelaparan di Somalia, Afrika
Sumber :
  • godsdirectcontact.org

VIVAnews - Sebuah ironi terjadi di negeri yang subur dan sejatinya kaya sumber daya: Indonesia. Krisis pangan merenggut enam warga Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur, sebulan terakhir ini.

Sementara, ribuan warga lainnya dalam kondisi rawan pangan serius, mereka membutuhkan intervensi dari pemerintah dan lembaga kemanusiaan, agar bisa bertahan hidup.

Enam warga yang tewas antara lain berasal dari Amanuban Timur dan Amanuban Selatan. Anggota DPRD TTS, Arifin Betty membenarkan sejumlah daerah di wilayah itu  mengalami kelaparan. "Tidak dapat dipungkiri kalau saat ini puncak kemarau sementara melanda TTS. Di beberapa desa, stok makanan tidak ada sama sekali. Saat saya berkunjung ke desa-desa, warga mengatakan bahwa stok pangan lokal seperti pisang, kacang-kacangan maupun umbi-umbian sudah habis,” kata dia, saat dihubungi Kamis 13 Oktober 2011.

Ia mengaku DPRD telah menerima laporan sejumlah warga tewas akibat kelaparan. "Kalau ada yang dilaporkan meninggal dunia itu dapat dibenarkan karena untuk makan saja susah. Warga tidak lagi memiliki persediaan pangan," lanjutnya.

Karena putus asa, sejumlah warga bahkan mengaku berniat mencuri untuk membeli bahan makanan. "Tapi tidak ada yang bisa dicuri karena hampir semua aset warga sudah dijual untuk membeli bahan makanan."

Sejak Agustus 2011 lalu, sebanyak 150 desa yang tersebar di 32 kecamatan di daerah itu dilaporkan terancam rawan pangan serius. "Saya berharap, pemerintah menggunakan dana cadangan yang dialokasikan di sejumlah satuan kerja perangkat daerah untuk mengatasi kasus kelaparan agar tidak ada korban lanjutan," lanjutnya.

Wakil Bupati TTS, Benny A Litelnoni yang dihubungi terpisah mengaku, belum menerima laporan adanya korban tewas akibat kelaparan. Namun ia membenarkan, sejumlah warga di Kecamatan Amanuban Timur dan Amanuban Selatan  tidak lagi memiliki stok bahan makanan. "Kami akan segera mengirimkan tim untuk mencari tahu kebenaran informasi itu. Memang ada beberapa desa yang sudah masuk fase kritis akibat kehabisan stok bahan makanan," kata Litelnoni. (eh)

Laporan: Jemris Fointuna | Kupang

Prediksi Premier League: Fulham vs Liverpool
VIVA Militer: Serangan rudal Iran menghantam pangkalan udara militer Israel

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Serangan mengejutkan dari Iran sebagai balasan terhadap Israel yang menyerang pangkalan militer Iran di Damaskus, Suriah, membuat dunia terkejut sekaligus meningkatkan es

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024