NASIONAL

BNPB: Gempa Bali, Tidak Ada Korban Meninggal

Getaran dari gempa itu sendiri dirasakan hampir seluruh Bali, dan sebagian Jawa Timur, NTB

ddd
Kamis, 13 Oktober 2011, 16:22 Ita Lismawati F. Malau, Syahrul Ansyari
Suasana gempa di Bali
Suasana gempa di Bali (Antara/Puspa Perwitasari)

VIVAnews - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus memantau dampak dan kerugian yang timbul akibat gempa berkekuatan 6,8 skala Richter di Bali, pagi tadi. Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, sejauh ini mereka belum menemukan korban meninggal dunia.

"Sisanya, 43 orang luka ringan, 3 orang cedera kepala, 1 patah tulang, 39 luka ringan," kata Sutopo dalam pesan singkat yang diterima VIVAnews.com, Kamis 13 Oktober 2011.

Sutopo menerangkan semua korban saat ini dirawat di RS Sanglah Kota Denpasar dan sebagian sudah dibawa pulang keluarga masing-masing. Secara umum, imbuhnya, penyebab luka akibat kejatuhan genteng.

BNPB mencatat kerugian material antara lain terdapat delapan unit rumah rusak ringan, tujuh kantor pemerintah daerah rusak ringan, satu rumah sakit rusak ringan, dua pura rusak ringan, 12 sekolah rusak ringan hingga sedang, dan satu fasilitas umum/hypermarket rusak ringan.

"Kerusakan tersebut tersebar di Denpasar, Gianyar, Bangli, Badung, Tabanan, dan Jembrana," jelasnya.

Selain itu, dalam gempa bumi tersebut di beberapa sekolah menyebabkan siswa luka ringan, seperti di SMK I Sidareja (12 murid dan 3 guru), SMK 2 Denpasar (25 murid dan 4 guru). Dia menjelaskan semua murid sekolah di Denpasar dipulangkan pasca gempabumi.

"Dilaporkan  terdapat satu orang warganegara Jepang yang luka ringan dan tidak sampai dirujuk ke rumah sakit di Gianyar," ucapnya.
 
Getaran dari gempa itu sendiri dirasakan hampir seluruh Bali, dan sebagian Jawa Timur, Lombok, NTB dan NTT. Sejauh ini, BNPB telah melakukan koordinasi dengan BPBD Provinsi Bali dan Jawa Timur serta kabupaten/kota yang terkena dampak gempabumi untuk melakukan pendataan dan upaya-upaya penanganan bencana.

"Pendataan masih dilakukan oleh di lapangan. Update data akan disampaikan jika ada perkembangan yang signifikan," terangnya. (eh)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com