NASIONAL

Rp666 M untuk Pilkada Jabar, Kurang Kata KPU

Anggaran itu, kata KPU Jawa Barat, belum perhitungkan jika ada putaran kedua

ddd
Rabu, 26 Oktober 2011, 16:04 Arfi Bambani Amri
contoh surat suara dalam pemilihan kepala daerah
contoh surat suara dalam pemilihan kepala daerah (Antara/ Ismar Patrizki)

VIVAnews - Alokasi dana hibah untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat yang dianggarkan Rp666 miliar dianggap belum mencukupi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat. Anggaran itu disebut KPU tak sesuai yang diajukan.

"Dana yang dicadangkan Pemda Provinsi dari APBD ini masih kurang dan hanya dipersiapkan untuk Pemilihan Gubernur satu putaran saja," kata Ketua KPU Provinsi Jawa Barat Ferry Kurnia Rizkiyansyah, kepada VIVAnews, Rabu 26 Oktober 2011.

Ia menambahkan, untuk satu putaran pemilhan gubernur Jawa Barat di 26 kabupaten/ kota  membutuhkan anggaran sekitar Rp700 miliar lebih. Dana ini belum termasuk dalam pemilihan putaran kedua hingga pemilihan ulang bila ada kandidat yang tidak puas. Jumlah dana yang diajukan juga belum termasuk dana pemilihan kepala daerah bersama.

“Dari total ajuan pihak KPU Jawa Barat hanya menggunakan dana sekitar 20 persen saja. Untuk 80% lagi didistribusikan ke daerah, dengan jumlah yang variatif, tergantung jumlah masyarakat di daerah yang berhak ikut dalam pemilihan Gubernur,” kata Ferry.

Perhitungan ajuan anggaran berdasarkan jumlah penduduk Jawa Barat yang terdata dan berhak mengikuti pemilihan gubernur dikalikan Rp 25.000. Dari hasil perkalian ini KPU Jabar menganggap pengajuan mereka rasional dan ideal untuk menjalankan pemilihan Gubernur 2013 nanti.

Hingga saat ini realisasi jumlah anggaran yang diajukan masih belum pasti. “Pemerintah Provinsi masih menunggu ajuan dari kabupaten, kota termasuk ajuan dari 6 kabupaten kota lain yang akan melakukan pemilihan kepala daerah bersama,” kata Ferry.

KPU Jawa Barat berharap untuk konsolidasi antara pemerintah provinsi dan pemerintah kota kabupaten sesegera mungkin selesai. KPU provinsi berharap dengan adanya kepastian dan rasionalisasi anggaran  antar pemerintah daerah akan memepercepat tugas KPU Jabar untuk merasionalisasikannya ke KPU daerah. (eh)

Laporan Permadhi



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com