NASIONAL

Rugi Banjir Bandang Sumbar Ditaksir Rp630 M

Jalan lintas barat Sumatera yang putus mencapai 700 meter. Jadi aliran sungai.
Jum'at, 4 November 2011
Oleh : Elin Yunita Kristanti
Banjir di Pesisir Selatan , Sumatra Barat

VIVAnews - Total kerugian sementara yang ditimbulkan akibat banjir bandang di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat ditaksir  ratusan miliar rupiah. Dari kerusakan yang ditimbulkan akibat banjir bandang tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesisir Selatan menaksir kerugian mencapai Rp630 miliar.

"Ini baru data awal, lengkapnya tentu bisa kita dapatkan setelah meninjau langsung ke lokasi saat banjir surut," ujar Kepala BPBD Pesisir Selatan, Nasriadi pada VIVAnews, Jumat 4 November 2011.

Data sementara, 51 rumah hanyut terbawa banjir yang melanda delapan kecamatan dan menggenangi 50 nagari (desa) yang ada di wilayah tersebut. Sebanyak 21 unit rumah mengalami rusak berat, 73 unit rumah rusak sedang, dan 201 unit rumah rusak ringan.

Banjir juga mengakibatkan sejumlah tiang listrik, jembatan, dan ruas jalan negara rusak berat. Menurut data BPBD setempat, ruas jalan yang putus dan berubah fungsi menjadi aliran sungai di Desa Pasir Putih, Kecamatan Lengayang berada pada tiga titik.

"Jalan ini bukan amblas, tapi hilang tidak ada bekas dibawa arus, mau dibangun jembatan juga bingung karena ukurannya lebar," tambah Nas. Di Pasir Putih, ujarnya, jalan lintas barat Sumatera yang putus mencapai 700 meter. Jalan ini hilang dan berubah menjadi aliran sungai di tiga titik.

Di Kecamatan Ranah Pesisir, ruas jalan yang amblas panjangnya mencapai 300 meter. "Separuh badan jalan amblas sehingga tidak bisa dilalui," ujarnya. Dengan kondisi tersebut, pihak pemerintah setempat saat ini melarang bus roda enam untuk melintas di Pasir Putih.

Selain itu, banjir juga mengakibatkan ratusan hektar lahan masyarakat terendam air. Puluhan ternak warga juga hanyut dibawa banjir bandang yang menghantam Pessel sejak Rabu malam hingga Kamis dini hari kemarin.

Laporan: Eri Naldi | Padang, umi

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found