KPK Klaim Selamatkan Rp153 Triliun dari Migas

Haryono Umar
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengklaim telah menyelamatkan kekayaan negara dari sektor migas (Minyak dan gas) sebesar Rp153,6 triliun. Kekayaan negara itu dalam bentuk uang dan aset.

"Kita telah menyelamatkan dari segi uang sebesar Rp5,2 triliun kita kembalikan cash dan Rp148,5 triliun dalam bentuk aset. Jadi total Rp153,6 triliun dalam bentuk uang dan aset," kata Wakil Ketua KPK, Haryono Umar, di Kantor KPK, Jakarta, Jumat 4 November 2011.

Menurut Haryono, nilai sebesar itu merupakan potensi keuangan dan aset negara dari sektor migas yang terancam hilang akibat karena sistem pendataan yang tidak baik. Untuk itu dua hal yang menjadi catatan KPK danĀ  direkomendasikan kepada instansi terkait untuk melakukan perbaikan

Pertama kata Haryono, yang belum dilakukan pemerintah adalah belum melakukan sistem pencatatan lifting dengan sistem online. "Sehingga di Jakarta kita bisa mengetahui berapa setiap hari minyak yang naik ke permukaan, itu kita belum punya," ujarnya.

Selama ini untuk lifting minyak masih menggunakan catatan manual. Ia mengilustrasikan saat minyak sudah ditambang, kemudian catatan manual itu dibawa dari Natuna ke Jakarta.

"Padahal minyaknya sudah masuk tanker dan dibawa ke luar negeri jadi kita tidak pernah melihatnya (minyak) hanya terima laporannya. Dan itukan rawan sekali," ujar Haryono.

Kedua, KPK meminta untuk merubah aturan mengenai cost recovery. Namun, Haryono bersyukur hal ini sudah ditindaklanjuti dengan diubah melalui Peraturan Pemerintah. "Walaupun produksi kita berapa pun kalau cost recovery besar kita dapatnya sedikit," lanjut Haryono.

KPK sendiri menyatakan telah melaporkan pengembalian uang itu kepada DPR RI. KPK juga melaporkan ke DPR supaya mendesak pemerintah untuk melakukan pendataan terhadap aset dan keuangan negara yang selama ini tidak ditangani secara baik. "Ini sangat rawan bila tidak ada pencatatan aset secara online," kata Haryono.

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I
Billy Syahputra

Dekat dengan Banyak Wanita, Billy Syahputra Gerah Sering Dijodohkan

Billy Syahputra mengaku sempat ‘gerah’ dengan komentar netizen yang selalu menjodoh-jodohkannya dengan wanita yang dekat dengannya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024