Hutan Lindung Dirambah Hiburan Malam Dibangun

Hutan Pinus di Temanggung
Sumber :
  • Antara/ Anis Efizudin

VIVAnews - Perambahan hutan di Riau masih saja terus terjadi. Kali ini giliran kawasan hutan lindung Bukit Batabuh yang dijarah. Tak kurang dari 500 hektar hutan lindung ditebangi dan dijadikan kawasan perkebunan sawit.

Hal itu diakui Dinas Kehutanan Provinsi Riau. Kepada VIVAnews.com, Kepala Bidang Perlindungan Hutan dan Lahan, Said Nurjaya membenarkan hal itu. Dari hasil investigasi yang dilakukan tim intelijen Polhut Riau, saat ini ada dua beberapa alat berat yang beroperasi di kawasan Bukit Batabuh.

"Mereka menumbangi hutan-hutan di kawasan tersebut kemudian ditanami kelapa sawit. Setidaknya, dari data yang kita peroleh ada seluas 500 hektar kawasan Bukit Batabuh yang sudah mereka tanami sawit," ujar Said Nurjaya, Selasa 8 November 2011.

Dikatakannya, Bupati Indragiri Hulu sudah menyurati pemerintah provinsi Riau untuk mengatasi masalah ini. "Kami akan turunkan tim ke lapangan agar perambahan hutan lindung tidak terjadi. Bupati Inhu sudah menegaskan bahwa PT Mulya Agro Lestari yang merambah hutan itu tidak diberi izin," ujarnya.

Bupati Indragiri Hulu, lanjutnya, dalam suratnya kepada gubernur Riau sudah menjelaskan bahwa ia memerintahkan kepada PT Mulya Agro Lestari untuk tidak melanjutkan aktivitasnya merambah hutan lindung Bukit Batabuh. Tapi perusahaan terus saja menanam sawit.

"Kami segera turun untuk menghentikan perambahan ini. Saya sudah koordinasi dengan Kadis," tegas Said.

Dari data yang diperoleh Dishut, lanjutnya, PT Mulya Agro Lestari nekat merambah hutan lindung dengan mengandalkan surat SKGR yang ditandatangani Camat dan Lurah setempat.

Ada Cafe Tempat Hiburan

Perambahan hutan lindung memang makin marak di Riau. Selain Bukit Batabuh, kawasan hutan lindung Bukit Suligi juga dirambah dijadikan perkebunan sawit.

Malah, di kawasan tersebut juga didirikan cafe yang dilengkapi dengan hiburan tari telanjang. "Saya sudah cek info ke Dishut Rokan Hulu, dan ternyata mereka membenarkan ada cafe tempat hiburan di dalam kawasan tersebut. Saya baru dapat informasi hari ini. Jadi segera kita bentuk tim dan menelusuri ke Bukit Suligi," ujar Said Nurjaya.

Laporan: Ali Azumar | Riau, umi

Prabowo Ingin Bentuk 'Executive Heavy" dengan Rangkul Semua Parpol, Kata Peneliti BRIN
Reskrim Polres Metro Jakarta Barat meringkus sipir taksi online bernama Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp 100 Juta Ditangkap saat Tidur Pulas

Reskrim Polres Jakarta Barat, meringkus sopir taksi online, Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya. Dia sedang istirahat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024