SBY: Investigasi Jembatan Rubuh

Jembatan Kutai Kartanegara runtuh
Sumber :
  • REUTERS/Rizal Adi Nugroho

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan prihatin atas musibah rubuhnya Jembatan Kutai Kartanegara atau Mahakam II di Kalimantan Timur. Dia pun memerintahkan investigasi secara menyeluruh untuk mencari tahu penyebab rubuhnya jembatan yang diresmikan pada 2001 itu.

"Cegah jangan sampai ada bencana (serupa) lagi," kata Presiden SBY di sela kampanye penanaman satu miliar pohon, Bogor, Senin 28 November 2011. Hal ini disampaikan SBY usai melakukan perbicaraan jarak jauh dengan Gubernur Kalimantan TimurĀ  Awang Faroek Ishak dan pejabat terkait.

Selain itu, SBY juga meminta tim melanjutkan upaya penyelamatan dan pencarian korban. Hingga hari ini, tim SAR sudah menemukan 11 korban tewas sementara puluhan lain masih dinyatakan hilang. Kondisi para korban hilang ini belum dapat dipastikan karena belum diketahui secara detil banyaknya kendaraan dan orang yang terjatuh bersamaan runtuhnya jembatan.

Di sisi lain, SBY juga mengharapkan agar kegiatan perekonomian di Kabupaten Kutai Kartanegara tetap berjalan meski ada musibah ini.

Kasus Pemerasan Firli Bahuri Mandek, Kombes Ade Safri: Pasti Tuntas

Tim evakuasi hari ini akan mengikat kawat penyangga jembatan (pylon) yang sempat labil dan mengganggu proses evakuasi korban. Dengan strategi baru ini, tim berharap evakuasi korban bisa berjalan lancar. (eh)

Nikita Mirzani

Nikita Mirzani Beberkan Pemicu Kandasnya Jalinan Asmara Hingga Soal Kesetiaan

Nikita Mirzani bercerita mendapatkan kekerasan baik secara fisik maupun mental dari sang mantan kekasih.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024