Warga Perbatasan Perlu Kelompencapir

TNI AD cek surat dan kendaraan di perbatasan RI-Malaysia di Entikong
Sumber :
  • Antara/ Eric Ireng

VIVAnews - Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq mengungkapkan, temuannya dari kunjungan ke sejumlah daerah perbatasan ternyata komunikasi interpersonal lebih banyak dilakukan dibanding komunikasi lewat media. Menurut dia, pendekatan komunikasi interpersonal itu lebih efektif dibanding pendekatan media massa.

4 Selebgram Indonesia yang Putuskan Bunuh Diri, Terbaru Meli Joker Saat Live Instagram

"Dulu ada program kelompencapir itu sangat tepat berkomunikasi dengan masyarakat dalam bahasanya," kata Mahfudz saat diskusi "Optimalisasi Diseminasi Informasi di Daerah Perbatasan" di Wisma Antara, Jakarta, Selasa 29 November 2011. Kelompencapir adalah singkatan dari Kelompok Pendengar, Pembaca, dan Pemirsa, sebuah program rutin untuk petani dan nelayan di masa Orde Baru.

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera itu menilai, program yang populer di era Orde Baru itu mampu merangkul masyarakat. Di situ, ada satu yang dianggap layak menjadi penyuluh di antara mereka sebab kultur masyarakat Indonesia yang paguyuban. "Dengan begitu, informasi tersebar merata dan mereka menikmati," katanya.

Petugas Kebersihan di Tangerang Angkut 3 Ribu Ton Sampah per Hari Selama Idul Fitri

Menurut Mahfudz, kecenderungan komunikasi interpersonal itu bukan hanya terjadi pada masyarakat perbatasan. Mahfudz mencontohkan masyarakat di daerah pemilihannya, Indramayu dan Cirebon. Di situ, animo masyarakat sangat kuat untuk menjadi tenaga kerja Indonesia ke luar negeri. Meskipun media massa memberitakan gencar moratorium, tetapi tidak banyak mengubah antusiasme. "Itu daerah hanya berjarak kalau di tempuh mobil 3 jam dari Jakarta," katanya.

Dari situ, Mahfudz kembali mengingatkan pendekatan interpersonal akan lebih efektif dalam upaya mengatasi kesenjangan informasi di kawasan perbatasan.

KPK Tetapkan Eko Darmanto Jadi Tersangka TPPU
Vokalis Hindia, Baskara Putra dan anak Ridwan Kamil, Camillia Laetitia Azzahra

Vokalis Hindia Geram Lagunya Dipakai Anak Ridwan Kamil Promosi Produk Pro Israel

Vokalis Hindia, Baskara Putra geram lagunya yang berjudul ‘Secukupnya’ dipakai anak Ridwan Kamil, Zahra untuk mempromosikan makanan cepat saji yang mendukung Israel.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024