Jelang HUT OPM, Polri Tingkatkan Keamanan

Penurunan bendera Bintang Kejora milik OPM di Papua beberapa waktu silam.
Sumber :
  • VIVAnews/Banjir Ambarita

VIVAnews - Polri akan melakukan tindakan pencegahan menjelang momentum kebudayaan Papua pada 1 Desember 2011 atau bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Organisasi Papua Merdeka. Polri akan mendekatkan tokoh masyarakat untuk saling menjaga keamanan dan ketertiban.

"Kami juga lakukan tindakan preventif seperti patroli, penjagaan, pengawalan, juga pengecekan kendaraan. Terkait hal itu diminta polres, polsek untuk melaksanakan," kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Polisi Saud Usman Nasution di Mabes Polri, Jakarta, Rabu 30 November 2011.

Dalam rangka menjaga keamanan Papua itu, Mabes Polri akan memberi bantuan satu kompi pasukan Brimob dari Polda Sulawesi Utara ke Jayapura. Menurutnya, itu perlu dilakukan agar situasi bisa tertib dan damai.

"Di sana sudah ada pasukan organik Polda Papua dan Polres. Akan dikerahkan dua pertiga kekuatan di sana," kata mantan Kepala Detasemen Khusus 88 Anti-Teror Mabes Polri ini.

Pasukan-pasukan yang nanti berada di Papua akan disebar ke beberapa titik. Masing-masing keamanan wilayah Puncak Jaya, untuk Timika, Freeport keamanan seperti biasa. "Silakan kalau mau laksanakan ibadah, silakan ibadah," kata Saud.

Saud menyebutkan ada beberapa titik yang perlu diwaspadai oleh masyarakat di Papua. Lokasi-lokasi berada di Jayapura, Puncak Jaya, Paniai.

Jika mendapati warga Papua yang mengibarkan bendera Bintang Kejora, Saud berjanji akan mengutamakan tindakan persuasif. "Kalau pidana kita lakukan pidana, preventif, preventif. Kalau tidak bisa, langkah represif langkah terakhir," ucap dia.  (umi)

10 Negara Ini Dicap Paling Malas Gerak Sedunia, Kok Bisa?
Ilustrasi berjalan tanpa alas kaki.

Viral Seorang Remaja Jalan Puluhan Ribu Langkah demi Datang ke Masjid untuk Hal Ini

Belum lama ini viral mengenai seorang remaja berusia 14 tahun dari Amerika Serikat yang berjalan selama 3 jam dan menempuh 35.000 langkah menuju masjid untuk hal ini

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024