Papua

Jelang 1 Desember, Polda Minta Bantuan TNI

Sarang OPM di Belanda
Sumber :
  • Jackson Kumaat

VIVAnews - Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Papua, Mayjen TNI Erfi Triassunu mengakui ada peningkatan kewaspadaan menjelang hari ulang tahun Organisasi Papua Merdeka pada 1 Desember mendatang. Kepolisian sudah meminta bantuan TNI untuk menjaga sejumlah objek vital.

"Polda meminta bantuan personel kami, terutama untuk mengantisipasi kemungkinan chaos. Jangan sampai pemerintahan tidak jalan kalau terjadi chaos. Jadi kami berikan bantuan personel rata-rata kekuatan 1 SSK (Satuan Setingkat Kompi/100 Orang) setiap kabupaten," kata Erfi, Rabu 30 Desember 2011.

Kendati demikian, Erfi mengklaim tidak ada penambahan pasukan TNI ke Papua menjelang 1 Desember mendatang. "Pasukan yang akan disiagakan pasukan organik yang ada di 13 Kodim dan 4 Korem di Papua dan Papua Barat. Sama sekali tidak ada penambahan pasukan dari luar Papua," kata dia.

Secara terpisah, Kepolisian Daerah Papua mengaku mendapatkan penambahan pasukan untuk menjaga keamanan di Papua dan Papua Barat. Penambahan personel Brimob dari Sulwesi Selatan, Kalimantan Timur dan Kelapa Dua Depok Jawa Barat.

"Masing-masing 1 Kompi. Pasukan tambahan ini diposkan ke sejumlah daerah yang dianggap rawan potensi gangguan," kata juru bicara Polda Papua, Komisaris Besar Polisi Wachyono, Rabu 30 Desember 2011.

Menurut Wachyono, sebagian pasukan akan ditempatkan di sejumlah daerah yang dianggap rawan, seperti di Puncak Jaya, Timika dan Paniai. Selain itu, personel Brimob juga ada yang bersiaga di Markas Polda Papua. "Tidak semua langsung disebar ke daerah, ada yang siaga di Polda," ujar Wachyono.

Kondisi Jayapura hingga saat ini masih kondusif. Meski warga masyarakat merasa khawatir terjadi sesuatu pada 1 Desember besok. Asosiasi Mahasiswa Pegunungan Tengah Papua Indonesia, berencana akan merayakan 1 Desember di Makam They H Eluay Sentani, dengan menggelar doa bersama HUT 50 tahun OPM.

Sedangkan kegiatan lain juga akan diselenggarakan sejumlah instansi di Kota Jayapura. Kodam Cenderawasih menggelar lomba jalan santai 10 Kilometer, peragaan busana batik Papua dan lomba sepak bola. Setiap tahun HUT OPM selalu diwarnai pengibaran dan upacara bendera Bintang Kejora di berbagai tempat di Papua.

Cek Arus Balik Mudik di Soetta, Menhub: Penumpang Pesawat Naik 101 Persen

Laporan: Banjir Ambarita, Papua

Kondisi arus balik mudik di Jalur Gentong Tasikmalaya, Jabar.

Cerita Ajay Pemudik yang Lewati Jalur Lingkar Gentong, Maret Parah Nyaris Tak Bergerak

Arus balik yang lewat jalur Gentong didominasi kendaraan roda empat serta roda dua pemudik yang membludak. Jumlah kendaraan dari arah Tasikmalaya meningkat signifikan.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024