Menteri Agama: Survei KPK Jadi Perbaikan

Suryadharma Ali & M Jasin
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean

VIVAnews - Kementerian Agama berkomitmen akan membenahi sektor-sektor yang membuat kementerian ini mendapat label 'terkorup' survei integritas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sektor yang dimaksud adalah pelayanan perizinan operasional Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) dan perpanjangan. Pelayanan perizinan operasional Penyelenggaraan Ibadah Haji Khusus (PIHK) dan perpanjangannya, layanan Kantor Urusan Agama (KUA), dan pelaksanaan Haji tahun 2011.

Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan, penjelasan dari KPK sangat positif. Artinya, penelitian itu telah dilakukan dari 2007-2011. Suryadharma mengakui, masih ada pelayanan yang seharusnya gratis, tetapi pengguna tetap memberikan uang kepada petugas.

"Kami akan lakukan pembenahan. Bukan saja pada bidang pelayanan perizinan KBIH dan PIHK. Tapi, juga bidang pelayanan publik lainnya. Itu komitmen kami kepada KPK," kata Suryadharma Ali di kantor KPK, Jakarta. Jumat, 2 Desember 2011.

Namun, untuk pelayanan KUA yang masih dikenakan biaya tambahan dari yang ditetapkan, Suryadharma Ali menegaskan bahwa KUA masih memiliki kesulitan tersendiri. Dari total KUA di Indonesia yang berjumlah 6.000 KUA, belum seluruhnya memiliki kantor pribadi.

"Ada yang masih sewa, biaya operasional mereka bisa dibilang tidak ada. Baru ada biaya operasional itu pada 2007-2011," ujar menteri yang juga ketua umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini.

Menurut Suryadharma, anggaran operasional bulanan KUA yang disetujui mengalami kenaikan secara bertahap hingga 2011. Untuk petugas KUA, diberikan anggaran operasional sebesar Rp3 juta.

Suryadharma menambahkan, tentunya itu tidak mencukupi. Belum lagi, para petugas pencatat perkawinan melaksanakan tugasnya umumnya pada Sabtu dan Minggu.

"Mereka tidak memiliki tunjangan transportasi secara khusus untuk mendatangi rumah-rumah yang menyelenggarakan perkawinan. Jadi, ini kesulitannya di situ," ujar Suryadhama. "Sekali lagi bukan berarti menghalalkan, tapi survei tadi bisa jadi perbaikan". (art)

Kembali Lagi ke Jakarta Setelah 5 Tahun, TVXQ: Akhirnya Bertemu Kembali
Nicole Shanahan

Meet Nicole Shanahan, VP Candidate of the United States

Independent presidential candidate Robert F. Kennedy Jr. named Silicon Valley attorney and entrepreneur Nicole Shanahan as his vice presidential pick at a campaign rally.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024