Pemerintah Belum Bantu Korban Gunung Gamalama

Agung Laksono.
Sumber :
  • VIVAnews/Irvan Beka

VIVAnews - Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono mengungkapkan, anggaran penanganan letusan Gunung Gamalama di Ternate, Maluku Utara masih ditanggung Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

"Belum dinyatakan keadaan darurat," kata dia di Istana Negara, Senin 5 Desember 2011.

Menurut Agung, status gunung saat ini masih siaga, belum ke awas. Pemda pun menyatakan masih bisa menangani. Bahkan, warga sekitar juga belum diungsikan.

Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila

"Belum sampai diungsikan, tetapi mereka sudah siap jika ada pengungsian karena sudah ada tempat-tempatya apakah tempat permanen, gedung umum atau tenda. Jadi, mereka siap, tergantung pada perkembangan gunung itu sendiri. Saya berharap tidak sampai ke sana," ujarnya.

Agung mengungkapkan, pemerintah pusat sudah mengirim tim ahli untuk memantau perkembangan aktivitas gunung itu. "Jadi, bantuan belum dilakukana karena perkembanganya kita lihat dulu. Tapi daerah sudah siap," ujarnya.

Menurut dia, bencana lainnya seperti di Makassar juga ditangani pemda. "Kalau di Makassar sudah ditangani pemda, kemudian kepolisian melakukan invesitigasi," kata Agung. (adi)

Ilustrasi jenis sabu.

Polres Malang Bongkar Home Industry Sabu di Jatim

– Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Malang berhasil membongkar praktik produksi narkotika jenis sabu di wilayah Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024