KPK Imbau Semua PNS dan BUMN Lapor Harta

Haryono Umar
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi mengimbau seluruh instansi baik itu Kementerian dan BUMN untuk menerapkan adanya laporan kekayaan dari seluruh pegawai.

Joe Biden Gelontorkan Dana Fantastis Perbaiki Jembatan Baltimore

Tidak hanya si pejabat penyelenggara negara. KPK juga mengimbau pemerintah daerah untuk menerapkan hal serupa. Hal ini dilakukan untuk memudahkan monitor PNS-PNS muda yang memiliki rekening miliaran rupiah alias rekening tambun.

"Kami juga mengimbau kepada semua BUMN, seperti Pertamina juga sudah memulai, Garuda Indonesia juga," kata Wakil Ketua KPK Haryono Umar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu 7 Desember 2011.

Menurut Haryono, instansi yang sudah memerintahkan seluruh pegawai melaporkan harta kepada KPK adalah Kepolisian dan Kementerian Keuangan. Dua instansi itu sudah menerapkan seluruh pegawai melaporkan kekayaan. "Laporan kekayaan terhadap semuanya dan laporan gratifikasi juga diintensifkan," kata Haryono.

Bagaimana dengan status pegawai yang bukan penyelenggara negara? "Kalau di Kementerian Keuangan yang inisiatif itu menterinya. Dia (menteri) yang membuat SK. Dia yang mewajibkan seluruh pegawai. Dan itu efektif. Kalau mengganti UU itu lama," jelas dia.

Maka itu, KPK berharap semua instansi pemerintahan di pusat dan daerah agar mengikuti kebijakan di Kementerian Keuangan. KPK tidak bisa memaksa, hanya berharap banyak dari inisiatif internal lembaga terkait.

Nantinya, bila ditemukan ada rekening pegawai biasa yang bermasalah, KPK akan menyerahkan kasus itu kepada Polri dan Kejaksaan. Tetapi, bila rekening tambun itu ternyata terkait si penyelenggara negara, maka kasusnya ditangani KPK.

"Kalau ternyata itu ada kaitannya dengan penyelenggara negara, tentu akan kami tangani," ujar Haryono. Apakah Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) sudah menyerahkan daftar PNS yang memiliki rekening tambun. "Saya belum lihat. Mungkin masih dalam persuratan," ujar dia. (umi)

Keuskupan Agung Jakarta Sebut Paus Fransiskus Akan Kunjungi Indonesia September 2024
Vespa Bersolek di Jakarta Fashion Week 2024

5 Motor Vespa Bersolek di Indonesia Fashion Week 2024

Baru-baru ini, 5 unit motor Vespa tampil bergaya di Runway Indonesia Fashion Week 2024 bersama para model.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024