NASIONAL

AS Beri Indonesia Pretelan 6 Pesawat F-16

Indonesia sudah seharusnya memiliki pesawat tempur yang canggih.

ddd
Kamis, 8 Desember 2011, 18:49 Eko Huda S
Pesawat Jet F-16
Pesawat Jet F-16 (REUTERS/USAF/Staff Sgt. Greg L. Davis/Handout/Files)

VIVAnews - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Scot Marciel, menilai Indonesia sangat diuntungkan dengan hibah 24 unit jet tempur F-16 dari negaranya.

"Kami rasa dengan pesawat tempur F-16 tersebut biaya pemeliharaan atau perawatannya jauh lebih murah ketimbang harus membeli produk baru," kata Merciel, di sela-sela pertemuan "Bali Democracy Forum (BDF)" IV di Nusa Dua, Bali, Kamis 8 Desember 2011.

Menurut dia, pesawat-pesawat itu akan dikirim jika pembicaraan antara Amerika dan Indonesia telah selesai. Namun, dia tidak menyebutkan sejauh mana pembicaraan kedua negara terkait proses hibah 24 jet tempur bekas ini. "Kalau itu sudah selesai maka pesawat tersebut segera dikirim ke Indonesia," ucap Merciel.

Dia menambahkan, selain menghibahkan 24 pesawat F-16 bekas tersebut, Amerika juga akan memberikan enam pesawat sejenis. Namun, keenam pesawat itu tidak dalam bentuk utuh, melainkan berupa bagian-bagiannya saja.

"Kesepakatan pemerintah kami untuk memberikan F-16 dalam bentuk hibah sebanyak 24 unit. Sedangkan bantuan enam unit tambahan lagi bisa diambil suku cadangnya untuk pemeliharaan pesawat lain," katanya.

Marciel mengatakan, sudah seharusnya Indonesia memiliki pesawat tempur yang canggih, karena wilayahnya yang cukup luas dan strategis. "Maka harus memiliki peralatan tempur yang bagus untuk menjaga dan mempertahankan bangsa dan negara."

Laporan: Bobby Andalan l Bali



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
bolo_sewu
17/01/2012
Percanggih sistem pertahanan udara nasionoal dong dengan radar dan rudal anti serangan udara (SAM) liat yg dibawa PASKHAS canon 12,7 usang yang udah kuno mana bisa menangkal jet-jet musuh sekarang? minimal beli CHUNMA dan GEpARD MISILE RUSSIA biat TOP..!
Balas   • Laporkan
mybahri | 12/03/2012 | Laporkan
betul itu, ayo pak sby beli percanggih persenjaatan pak
indracasper13
18/12/2011
Indonesia akan dikirimi 24 pesawat canggih "BEKAS", jika pembicaraannya (Hitung2anya) udah selesai... Yakin itu hibah? atau hanya sebatas alat barter USA u/ kepentingannya di Indonesia?
Balas   • Laporkan
batubata
16/12/2011
24 unit pesawat bekas dan 6 unit buat dikanibal suku cadangnya...wkwkwkwk Beli pesawat capung aja, trus dipasangi petasan roket buat rudalnya
Balas   • Laporkan
mapsihotang
09/12/2011
Seberapa banyak pun itu pesawat dan meski pun itu hibah....tapi kalau dah namanya "BEKAS" tolong jangan di terima..lebih baik kita beli sedikit(1) asalkan benar2 baru dan canggih. Jayalah Indonesiaku.
Balas   • Laporkan
oscarcharlie | 09/12/2011 | Laporkan
anda salah soal persepsi bekas untuk pesawat tempur...tapi, lupakanlah, yang pasti coba bayangkan, 1 pesawat untuk jaga sabang sampai merauke? apakah lebih efektif dibandingkan 24?
bagong
08/12/2011
"Sky is Wide... but there is no place for error".... lumayan lah buat pesawat latihan... untuk yang barunya kita beli dari rusia... SU PAK-50... jangan dari sono lagi... soalnya tar tengah jalan ga boleh beli sukucadangnya... memang negara rada aneh itu
Balas   • Laporkan
madridone
08/12/2011
Emangsih kita dkasih hibah, tapi persyaratannya dgn US adalah Indonesia harus membayar 750 juta dolar untuk mengupgrade dan peremajaan pesawat sebelum dikirimkan ke Indonesia. waaaaa..... tolong dihitung 750 juta dollar itu berapa rupiah? wkwkwkwkwk...
Balas   • Laporkan
johndelwinto
08/12/2011
wah-wah, dasar Indonesia gak punya harga diri. Dapat rongsokan utk pesawat. Gimana mau terbang kalau barang rongsokan. Kalau untuk gerobak sampah gak apa.
Balas   • Laporkan
donlego | 09/05/2012 | Laporkan
ini lagi tambah nih orang.... udeh tau itu pesawat bakalan di upgarde ke blok 32... udeh mtakhir.... ketimbang beli pesawat baruu.. yg harganya selangit..
greenhijau
08/12/2011
yah itung2 tukeran emas di papua, ya gak pak Be Ye ?
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com