NASIONAL

FOTO: Gadis Swedia Pembawa Terang

Di Swedia, tradisi itu disebut perayaan Santa Lucia, atau disingkat "Perayaan Lucia."
Kamis, 15 Desember 2011
Oleh : Renne R.A Kawilarang
Perayaan Lucia di Enkoping, Swedia, 13 Desember 2011

VIVAnews - Seorang gadis bermahkotakan lilin-lilin dan bergaun putih serta belasan orang pengikutnya bernyanyi merdu. Disertai lantunan "Santa Lucia," gadis bermahkota lilin-lilin yang menyala itu memberi terang dan keceriaan di tengah suasana gelap dengan mengajak hadirin bernyanyi bersama.

Di Swedia, tradisi itu disebut perayaan Santa Lucia, atau disingkat "Perayaan Lucia." Perayaan menjelang Hari Natal itu tidak saja berlangsung di Swedia, namun juga di Indonesia.

Foto-foto Perayaan Lucia di Swedia dan Indonesia bisa dilihat dengan membuka tautan ini.

"Walau dirayakan juga di Italia dan negara lain, Perayaan Lucia ini menjadi salah satu ciri khas bagi bangsa kami," kata Duta Besar Swedia untuk Indonesia, Ewa Polano, dalam perayaan Lucia di Jakarta, Rabu malam.

Menurut dia, Lucia dirayakan di penjuru Swedia setiap 13 Desember malam. "Kami meyakini bahwa saat itu merupakan malam yang tergelap selama musim dingin, jadi kami gembira dengan hadirnya sosok pembawa terang," kata Polano. Komunitas Swedia di Jakarta tahun ini merayakan Lucia pada 14 Desember malam di suatu hotel di Jakarta.

Menurut berbagai referensi, Lucia merupakan seorang perawan di Sicilia, Italia, yang hidup di akhir abad ke-3. Berasal dari keluarga kaya, Lucia mendedikasikan dirinya membantu kaum miskin dan tidak mau dinikahkan paksa demi membaktikan diri kepada Tuhan. Lucia akhirnya dikenang sebagai tokoh suci.  (adi)

 

 

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found