Kasus Mesuji Lampung, Dua Polisi Diperiksa

Martius Totok, warga Mesuji, Lampung mengadu ke DPR
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVAnews - Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo menyampaikan bahwa ada dua anggota polisi yang sudah diperiksa sehubungan dengan kasus yang terjadi di Mesuji Lampung. Pemeriksaan itu terkait dengan bentrokan yang terjadi di sana pada tanggal 11 November 2011. Satu orang tewas dalam bentrokan itu.

"Dua polisi sudah diperiksa disiplin. Kalau terbukti nanti ada unsur pidana maka diproses secara pidana. Artinya, proses sampai peradilan," kata Timur saat ditemui di Mabes Polri, Jumat 16 Desember 2011.

Timur menegaskan bahwa kepolisian akan terus melakukan penyelidikan untuk mengungkap kasus ini. Siapa saja yang bersalah akan diungkap tuntas.

Sementara, terkait konflik sengketa lahan antar warga dan karyawan PT Sumber Wangi Alam (SWA) di Kecamatan Mesuji, Kabupaten Komering Ilir, Sumatera Selatan, kepolisian sudah menetapkan ada enam tersangka. Pada konflik ini, dua warga tewas dan 5 orang dari pihak perusahaan tewas.

"Apa yang menjadi permasalahan pada kasus ini akan kami selidiki terus. Kami bantu DPR, Komnas HAM, untuk lakukan penyelidikan terkait laporan masyarakat itu," terangnya.

Timur menegaskan, siapapun yang melanggar hukum, baik dari pihak aparat maupun masyarakat akan berhadapan dengan hukum. "Kalau ada yang salah pada polisi, akan kami proses. Tapi kalau ada pelanggaran hukum akan dihukum juga. Jadi kami harus paham betul,"katanya.

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia
Tim Penyelamat Evakuasi Korban di Gedung Konser Moskow (Doc: X)

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow

Amerika Serikat (AS) disebut toleh Rusia elah mengambil tindakan terburu-buru dengan menyalahkan kelompok teror ISIS, atas teror di Moskow.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024