NASIONAL

Kasus Mesuji Lampung, Dua Polisi Diperiksa

"Kalau ada jalan yang salah pada polisi, akan kita proses," kata Timur.

ddd
Jum'at, 16 Desember 2011, 15:41 Aries Setiawan, Syahrul Ansyari
Martius Totok, warga Mesuji, Lampung mengadu ke DPR
Martius Totok, warga Mesuji, Lampung mengadu ke DPR (ANTARA/Yudhi Mahatma)

VIVAnews - Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo menyampaikan bahwa ada dua anggota polisi yang sudah diperiksa sehubungan dengan kasus yang terjadi di Mesuji Lampung. Pemeriksaan itu terkait dengan bentrokan yang terjadi di sana pada tanggal 11 November 2011. Satu orang tewas dalam bentrokan itu.

"Dua polisi sudah diperiksa disiplin. Kalau terbukti nanti ada unsur pidana maka diproses secara pidana. Artinya, proses sampai peradilan," kata Timur saat ditemui di Mabes Polri, Jumat 16 Desember 2011.

Timur menegaskan bahwa kepolisian akan terus melakukan penyelidikan untuk mengungkap kasus ini. Siapa saja yang bersalah akan diungkap tuntas.

Sementara, terkait konflik sengketa lahan antar warga dan karyawan PT Sumber Wangi Alam (SWA) di Kecamatan Mesuji, Kabupaten Komering Ilir, Sumatera Selatan, kepolisian sudah menetapkan ada enam tersangka. Pada konflik ini, dua warga tewas dan 5 orang dari pihak perusahaan tewas.

"Apa yang menjadi permasalahan pada kasus ini akan kami selidiki terus. Kami bantu DPR, Komnas HAM, untuk lakukan penyelidikan terkait laporan masyarakat itu," terangnya.

Timur menegaskan, siapapun yang melanggar hukum, baik dari pihak aparat maupun masyarakat akan berhadapan dengan hukum. "Kalau ada yang salah pada polisi, akan kami proses. Tapi kalau ada pelanggaran hukum akan dihukum juga. Jadi kami harus paham betul,"katanya.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
usep34
17/12/2011
yakih gak yah polisi mau menuntaskan kasus ini, ?????yang ada juga malah hanya jd sarana buat nyari omprengan..pa lagi perusahaannya pnya orang asing..wah lahan basah buat dapat amplop yg tebal twuh..selamat bwt pa polisi, karena udah berhasil melindungi
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com