Banjir Bandang Rendam Dua Desa

Banjir Bandang Di Sumatera Barat
Sumber :
  • ANTARA/Maril Gafur

VIVAnews - Hujan deras yang menerjang Kabupaten Tuban, Jawa Timur, beberapa hari ini terakhir telah mengakibatkan banjir bandang. Bahkan bencana alam itu telah merendam dua desan di Tuban yaitu Desa  Kebonagung, Kecamatan Rengel, dan Desa Sumurcinde, Kecamatan Soko.

3.37 Mln Hectares Palm Plantation Inside Forest Area, KLHK Identifies

Informasi yang diperoleh menyebutkan, air bah dari gunung muncul karena daya serap di kawasan tersebut sudah sudah tidak mampu lagi menahan air. Hal itu terjadi akibat penambangan batu kapur dan penggundulan hutan di kawasan perbukitan.

Akibatnya, puluhan rumah warga  dan jalan-jalan di dua desa tersebut terendam air. Dari catatan yang ada, ketinggian air diperkirakan mencapai  50 Cm.

AC Milan Jangan Gegabah Ganti Pioli dengan Conte

Salah seroang warga, Sukardi, menyatakan banjir terjadi akibat hujan deras yang telah terjadi beberapa jam. Namun selang beberapa waktu kemudian, air dari gunung mengalir deras menerpa pemukiman masyarakat.

“Tidak sampai lama, rumah-rumah warga sudah kebanjiran. Jalan yang menghubungkan Tuban-Bojonegoro juga tergenang air hingga sekitar 50
centimeter sampai panjangnya sekitar 1 kilometer,” kata Sukardi, Rabu, 21 Desember 2011.

Mau Lebaran, Dua Kepala Sekolah Malah Jadi Tersangka Korupsi PPPK di Langkat

Tidak hanya melanda kawasan pemukiman penduduk, banjir bandang juga menyebabkan ratusan hektar lahan pertanian ikut terendam banjir. Diperkirakan ketinggian di areal pertanian tersebut mencapai 70 Cm.

“Kalau yang dipermukiman penduduk dan jalan-jalan, air sudah mulai surut setelah beberapa jam. Tapi, di area pertanian masih tetap menggenang sampai sekarang,” kata Suroto, petani setempat. (Laporan: Pambudi Eko/Tuban, eh)

Catherine Wilson

Catherine Wilson Tuntut Nafkah Rp100 Juta Per Bulan, Idham Masse Ungkap Hal Mengejutkan

Kata Catherine Wilson, suaminya sempat janji untuk menafkahinya Rp100 juta per bulan. Hal tersebut sudah tertuang di perjanjian pranikah Idham Masse dan Chatherine

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024