VIDEO: Sidang Siti Maimunah Ganti Kelamin

Siti Maimunah yang kini bernama Mohammad Prawirodijoyo
Sumber :
  • VIVAnews/ Puspita Dewi

VIVAnews - Perjuangan Siti Maimunah untuk menjadi laki-laki akhirnya terkabul. Kini, statusnya sebagai laki-laki telah diakui oleh negara.

Pengadilan Negeri Semarang telah mengabulkan permohonan Siti untuk mengubah status kelaminnya dari perempuan menjadi laki-laki.

"Mempertimbangkan keterangan para saksi dari keluarga dan saksi ahli dari tim medis kami mengabulkan permohonan ganti status Siti Maimunah sebagai laki-laki. Dan sejak hari ini, Siti Maimunah berhak atas nama Muhamad Prawirodirjoyo," kata Hakim Iva Sudewi, Selasa 27 Desember 2011.

Mendengar putusan tersebut Siti atau kini sering disapa Joy sempat menunduk dan berkali-kali mengusap airmata yang sempat menetes.

"Saya sangat bersyukur akhirnya saya resmi menjadi laki-laki. Saya berharap di ulang tahun pertama saya sebagai laki-laki. 12 Januari Nanti saya sudah selesai mengganti akte kelahiran, KTP dan syarat adminstrasi lainnya. Termasuk menyempurnakan kelamin saya," kata Joy usai sidang.

Retno kuasa hukum Joy berharap banyak pihak yang akan membantu dalam proses pergantian nama dalam akte dan ijasah sehingga Joy dapat lekas menata hidup.

"Saya ingin kuliah dengan nama Joy, jadi semua pergantian nama dan status akan saya selesaikan dengan cepat. Mudah-mudahan tidak ada kendala yang berarti," harap Joy.

Yang berbeda dalam putusan sidang kali ini, hakim Evi Sudewi tidak membacakan putusan dalam bentuk kertas namun putusan langsung dibacakan melalui laptop milik Evi.

Namun hal itu tidak mempengaruhi kegembiraan Joy."Semua lembaran tentang Siti sudah ditutup. Tidak masalah putusan dibacakan langsung lewat laptop atau apapun yang pasti saya sudah mejadi laki-laki."

Lihat video sidang permohonan Siti Maimunah mengganti kelamin di tautan ini.

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap

Klik di sini untuk melihat perjuangan Siti Maimunah untuk menjadi seorang laki-laki. (eh)

Kemenag Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an Nasional Tahun 2024

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Peringatan Nuzulul Qur'an tingkat nasional, digelar oleh Kementerian Agama atau Kemenag. Pada tahun 2024 ini, digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024