Bekasi Tidak Punya Damkar Untuk Gedung Tinggi

Kebakaran Wisma Antara
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVAnews - Pemerintah Kota Bekasi Jawa Barat, hingga saat ini belum memiliki mobil pemadam kebakaran (Damkar) yang mampu menjangkau gedung berlantai tinggi. Mobil yang ada saat ini hanya mampu mengatasi kebakaran hingga lantai dua saja.

Ini ironis, mengingat saat ini Bekasi sudah berkembang pesat menjadi kota yang modern, dengan berbagai gedung tinggi yang sudah ataupun tengah dalam proses pembangunan. Lebih menyedihkan lagi, dari 12 mobil pemadam kebakaran milik Pemerintah kota Bekasi, hanya tiga saja yang mampu beroperasi. Sisanya rusak dan tidak berfungsi akibat terlampau tua.

“Rasa aman itu hak mendasar setiap warga Kota Bekasi. Tapi kalau begini keadaannya, bagaimana rasa aman itu bisa terpenuhi. Kalau nanti ada kebakaran di apartemen lantai dua puluh ataupun rumah susun, bagaimana mengatasinya?” ungkap Ketua Komisi B DPRD Kota Bekasi, Ronny Hermawam, Rabu 28 Desember 2011.

Ronny sendiri mengaku sudah sejak dua tahun lalu memperjuangkan pengadaan mobil pemadam kebakaran yang bisa menjangkau gedung tinggi. Namun dia mengaku tidak tahu alasan kenapa permintaan itu selalu ditolak, dengan alasan minimnya dana Anggaran pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Anggaran belanja langsung dari APBD 2012 yang sudah disahkan mencapai Rp 1 Trilyun, padahal pengadaan untuk setiap satu unit mobil hanya Rp8 Milyar. Ini kan penting untuk menjaga rasa aman warga yang tinggal di gedung-gedung tinggi,“ kata Politisi Partai Demokrat itu.

“Jangan tunggu ada kebakaran dan korban jiwa, baru sibuk mencari mobil tersebut,” tegasnya lagi.

Menurut Ronny, tugas menjaga keselamatan warga merupakan tanggung jawab bersama baik itu pemerintah maupun anggota dewan yang duduk di legislatif. Untuk itu dia mendesak agar Pemerintah Bekasi bisa mengeluarkan izin gedung tinggi dengan dibarengi komitmen menjaga keselamatan warganya.

“Lebih bagus lagi kalau setiap mengeluarkan izin, dinas terkait mewajibkan pengelola gedung untuk menyediakan ataupun setidaknya membantu pengadaan fasilitas pemadam kebakaran,” tutupnya.

Generasi Muda Harus Cerdas Finansial Dalam Menabung dan Kelola Keuangan

(Laporan: Erik Hamzah | Bekasi)

Ilustrasi pergerakan saham

Saham Berdividen, Pilihan Terbaik untuk Investor Konservatif

Saham berdividen merupakan saham dari perusahaan yang secara rutin membayar dividen kepada para pemegang saham. Berikut ini penjelasan manfaat dan risiko saham berdividen

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024