Mobil Kiat Esemka Akan Diproduksi Massal

Mobil dinas Jokowi rakitan anak SMK
Sumber :
  • VIVAnews/ Fajar Sodik

VIVAnews - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengapresiasi keberhasilan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam merakit mobil Kiat Esemka. Kementerian ingin mobil itu diproduksi secara massal.

"Kita akan mendorong produk-produk ini akan menjadi pabrikasi," kata Staf Mendikbud Bidang Komunikasi dan Media, Sukemi saat berbincang dengan VIVAnews.com, Selasa 3 januari 2012.

Menurut dia, dengan produksi massal itu produk mobil dan laptop Esemka bisa dijual ke masyarakat dengan harga yang lebih murah. Untuk saat ini saja, mobil Kiat Esemka dihargai dalam kisaran harga Rp95 juta. "Karena massal harganya akan lebih murah," kata dia.

Sukemi mengatakan kewenangan untuk menjadikan produksi ini dalam jumlah banyak menjadi kewenangan Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perdagangan. Namun, Kemendikbud telah melakukan pembicaraan dengan kedua kementerian itu. "Tinggal menunggu lampau hijau dari kemeterian terkait," ujar Sukemi.

"Itu wewenang kementerian lain. Kami di sini hanya membekali. Kalau tidak bisa dipabrikasi, paling tidak para siswa itu telah mengetahui seluk beluk teknologi itu saat bekerja di lapangan. Jadi mereka sudah siap," kata Sukemi.

Sebelumnya, siswa SMK 2 Surakarta dan SMK Warga Surakarta telah berhasil membuat mobil Kiat Esemka. Sekitar 80 persen komponen mobil berasal dari komponen lokal. Mobil ini mendapat apresiasi banyak kalangan. Spesifikasi mobil ini tak kalah dengan mobil buatan luar negeri. (umi)

ASDP Catat 98,2 Persen Penumpang Ferry Sudah Punya Tiket saat Sampai Pelabuhan
Ketua BKSAP DPR RI, Fadli Zon

Fadli Zon Sebut Perang Iran-Israel Berpotensi Meluas dan Picu Perang Dunia III

Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon menyatakan deeskalasi atau menahan diri dapat mencegah meluasnya konflik di Timur Tengah saat ini.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024