NASIONAL

Perekam: Video Mesuji Itu Asli

"Video itu asli, saya berani tanggungjawab," kata Trubus, perekam kejadian itu.

ddd
Selasa, 3 Januari 2012, 20:16 Arfi Bambani Amri, Luqman Rimadi
Mayjen (Purn) Saurip Kadi dan Trubus, warga Mesuji, Lampung, di DPR
Mayjen (Purn) Saurip Kadi dan Trubus, warga Mesuji, Lampung, di DPR (ANTARA/Yudhi Mahatma)

VIVAnews - Perekam video amatir Kasus Mesuji, Trubus, meyakinkan bahwa video yang dia ambil asli dan tanpa rekayasa. Trubus pun bersumpah dunia dan akhirat.

"Video itu asli, saya berani tanggungjawab," katanya. "Kalau perlu datangkan saksi dan bukti- bukti kalau memang di video tersebut terjadi peristiwa pelanggaran hak asasi manusia," ujar Trubus usai melakukan konperensi pers bersama korban kasus Mesuji di Jakarta, 3 Januari 2011.

Untuk meyakinkan, ia bahkan berani bersumpah agar publik yakin bahwa apa yang direkam adalah nyata. "Sumpah dunia akhirat, saya yang mengambil, waktu kejadian saya di situ," ujar Trubus.

Pria yang saat kejadian pembunuhan tersebut sebagai anggota Pasukan Pengamanan (PAM) Swakarsa di PT Silva Inhutani ini mengaku membeberkan hasil video rekamannya ini dikarenakan tergerak hari nuraninya atas tindakan pembunuhan yang tidak manusiawi. "Saya merasa tergerak. Pernah melihat orang dilindas traktor? Orang dilempari bom molotov? Itu yang saya lihat sendiri di sana," ujar Trubus.

Saurip Kadi, yang selama ini mengadvokasi para korban kasus Mesuji mengakui bahwa masih ada fakta- fakta yang belum diungkap ke publik. "Saya akan membeberkan lagi, tapi bukan sekarang waktunya, nanti peluru saya habis," ujar Saurip.

Kemarin, Ketua Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) kasus Mesuji, Denny Indrayana, mengatakan ada bagian potongan gambar dalam video pembantaian kasus Mesuji yang tidak berlokasi di Mesuji. Kepastian ini setelah menanyakan saksi dan ahli teknologi informasi.

Hal tersebut terungkap setelah TGPF memverifikasi dan melihat ke lapangan. "Ada gambar-gambar dalam video yang tidak diakui oleh warga terjadi di tiga lokasi," katanya. (sj)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
pengky
04/01/2012
Semoge orang-orang yg melindungi kezhaliman mesuji diberikan ganjaran setimpal oleh Yang Maha Kuase, kebenaran pasti menang, buktinye belande ngaku jg pembateain di rw gede....
Balas   • Laporkan
hari.prasetyo
03/01/2012
Yach klo pengadilannya lawan apart mah yg asli bisa dijadiin palsu.. lagu lama..
Balas   • Laporkan
kakak_bagus
03/01/2012
kades,camat,bupati,gubernur,walikota semua nya itu harus dipecat!! N dipancung! seluruh polisi N tni yg tugas mengamankan pecat! masukan penjara! sampai modar! kl itu saya presidenya! bela rakyat. bukan jendral mental tempe. ngemis kl cma kampanye
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com