Aniaya AAL, Briptu Ahmad Rusdi Dapat Sanksi

Korban kasus pencurian sandal bekas, Briptu. Ahmad Rusdi Harahap
Sumber :
  • Antara/ Mohamad Hamzah

VIVAnews - Briptu Ahmad Rusdi Harahap, yang menjadi pelapor sekaligus terperiksa kasus pencurian sandal jepit di Palu, Sulawesi Tengah, mendapat sanksi dari kesatuannya di kepolisian. Sanksi dijatuhkan melalui sidang disiplin yang di gelar di Markas Komando Brimob Polda Sulteng, Kamis 5 Januari 2012.

Sanksi dibenarkan tim reaksi cepat dari Kementerian Sosial, Devi Tiomana, yang mendampingi AAL dan keluarganya saat sidang disiplin digelar. Ia menjelaskan, sidang digelar di Ruang Rupatama yang dimpin oleh ketua majelis hakim, Komisaris Polisi Indra Budiawan.

Dalam sidang yang berlangsung sekitar 1 jam tersebut, Briptu Ahmad Rusdi dinyatakan terbukti bersalah karena melakukan penganiayaan terhadap AAL. Ia dinyatakan melanggar etik karena tidak mampu mengayomi masyarakat sebagaimana tanggungjawab tugasnya.

"Makanya, majelis hakim menjatuhkan sanksi sebanyak empat item, yakni teguran tertulis, penundaan kenaikan pangkat, mutasi, serta kurungan di ruangan khusus selama 21 hari," kata Devy saat dihubungi dari Makassar.

Sidang tersebut sebelumnya telah menghadirkan sejumlah saksi, antara lain Briptu Simon, rekan pelaku, terdakwa AAL, dan keluarganya. Mereka dimintai keterangan soal peristiwa penganiayaan setelah menuduh AAL mencuri sandal milik pelapor.

Pada malam sebelumnya, terdakwa AAL juga telah divonis bersalah oleh hakim Pengadilan Negeri Palu dalam kasus pencurian sandal jepit tersebut. Meski divonis bersalah, namun AAL tidak dihukum sesuai tuntutan sebelumnya melainkan dikembalikan ke orangtuanya untuk menjalani pembinaan.

Laporan: RHA | Makassar

Meski Teuku Ryan Upayakan Banyak Usaha Buat Rujuk, Ini yang Bikin Ria Ricis Mantap Cerai
Pengamanan Gedung KPU

4.266 Personel Gabungan Kawal Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wapres Terpilih

Polisi siap memberikan pengamanan di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI yang bakal menggelar penetapan pemenang Pemilihan Umum presiden dan wakil presiden 2024, hari ini.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024