Gempa Berkekuatan 5,9 SR Terjadi di Ternate

Peta Gempa Bumi BMKG
Sumber :
  • bmkg.go.id

VIVAnews - Gempa dengan kekuatan 5,9 skala Richter mengguncang Ternate, Maluku Utara, Sabtu 7 Januari 2012, pukul 14.31 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut, lokasi gempa berada di koordinat 1,68 Lintang Utara-127, 29 bujur Timur. Lindu terjadi di kedalaman 79 kilometer.

Sementara, pusat gempa berada di 100 kilometer Barat Laut Ternate, Maluku Utara, 234 kilometer Timur Laut Bitung, Sulawesi Utara.

BMG memastikan bahwa gempa itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Sebagian wilayah Indonesia, juga Maluku Utara itu, termasuk dalam wilayah Ring of Fire. Negeri ini berada di atas 3 lempeng tektonik besar yaitu Eurasia, Lempeng Pasifik, dan Indo-Australia.

Lempeng Indo-Australia bertabrakan dengan lempeng Eurasia di lepas pantai Sumatera, Jawa dan Nusa Tenggara. Bagian utara pulau Papua dan Maluku Utara berada di atas lempeng Pasifik. (umi)

5 Cara Ampuh Melepaskan Diri dari Kecanduan Alkohol
Mobil patroli polisi (FOTO ILUSTRASI)

Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur

Mobil patroli Polsek Setiabudi, yang berhasil dibawa kabur oleh pelaku jambret, yang beraksi di Jalan HR Rasuna Said, Karet, Kuningan, Jakarta Selatan, sudah diketemukan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024