Sejuta PNS Ikuti Pelatihan ESQ

Pegawai negeri sipil (PNS) saat bersiap ikut upacara beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • Antara/ Feri Purnama

VIVAnews - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi, Azwar Abubakar, akan melakukan pembinaaan kepada 1 juta Pegawai Negeri Sipil se-Indonesia dengan mengikuti pelatihan ESQ.

"Saya akan rumuskan pembinaan PNS dengan mengikuti pelatihan ESQ. Paling tidak 1 juta PNS dari total 4,7 juta PNS yang ada di Indonesia," ujar Azwar dalam keterangan tertulis kepada VIVAnews, Jumat, 13 Januari 2012.

Menurut Azwar, pembinaan karakter bagi para PNS sangat penting untuk menuju reformasi birokrasi yang bersih, kompeten, dan melayani. Adanya pembinaan juga bukan hanya untuk meningkatkan fungsi kinerjanya, tetapi juga emosional dan spiritual.

"Setiap PNS perlu mengenal diri sendiri dan semua itu bisa kita dapatkan melalui pelatihan ESQ," kata dia.

Azwar sendiri telah mengikuti pelatihan ESQ sejak 2005. Ia mengikuti pelatihan ESQ di Aceh beberapa bulan setelah terjadi tsunami. "Sungguh ESQ adalah pelatihan mengenal diri agar kita semakin menjadi manusia yang bermanfaat," ungkapnya.

Saat ini, total alumni ESQ yang tersebar di seluruh dunia telah mencapai 1,2 juta alumni. KemenPAN juga telah melakukan nota kesepahaman antara pelatihan ESQ dengan beberapa lembaga seperti Universitas Islam Makassar, Paguyuban Pasundan, dan Pemerintah Kabupaten Majalengka. (art)

Hasbi Hasan Dituntut 13 Tahun Bui, Pengacara: Tak Rasional, Seperti Balas Dendam
Sekjen DPP Partai Golkar, Letjen TNI (Purn.) H. Lodewijk Freidrich Paulus

Sekjen Golkar Tegaskan Munas Tak Bisa Dimajukan Sebelum Desember 2024

Menurut Sekjen Golkar Lodewijk F Paulus, Munas yang dihelat Desember 2024 sudah diatur dalan AD/ART partai.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024