PDIP Tetapkan 6 Nama Cagub Jawa Barat

Anggota Komisi IX DPR Rieke Dyah Pitaloka
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Hasil Rapat Kerja Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jawa Barat memutuskan enam kader partai akan disurvei untuk melihat elektabilitas dalam pemilihan Gubernur Jawa Barat. Salah satunya adalah anggota DPR Rieke Dyah Pitaloka yang dikenal dengan nama Oneng.

Selain Rieke, lima nama lainnya yakni Wakil Ketua DPD PDIP Jawa Barat, Gatot Tjahjono, Bupati Cirebon Dedi Supardi, Bupati Subang nonaktif Eep Hidayat, Bupati Kuningan Aang Hamid Suganda, dan Bupati Sumedang Don Murdono.

"Mereka adalah kader terbaik PDIP di Jawa Barat," kata Ketua DPD PDIP Jawa Barat, Ruddy Harsa Tanaya, kepada VIVAnews.com.

Menurut Ruddy, enam nama itu mempunyai kesempatan yang sama untuk maju. Maka itu, keenam nama tersebut harus mengikuti mekanisme survei, baik popularitas dan elektabilitas. "Kami Lihat hasilnya pertengahan Februari ini, karena itu akan diputuskan oleh DPP bukan oleh DPD lagi," kata Ruddy.

Ruddy menambahkan, setiap calon gubernur harus melakukan sosialisasi ke tiap DPC yang ada di Jawa Barat. Jadi, dia menjelaskan, tidak ada satu pun cabang yang mengklaim untuk mendukung bakal calon tertentu.

"Semuanya secara merata harus bisa difasilitasi oleh DPC secara adil. Artinya, semua enam bakal calon memiliki hak dan kesempatan yang sama. Sosialisasi sudah sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh DPD mulai hari ini," kata Ruddy.

DPD PDIP Jawa Barat mempunyai komitmen, siapa pun calon internal gubernur/wakil gubernur dari PDIP yang ditetapkan oleh DPP partai, maka semua kekuatan partai dengan menjaga soliditas akan mematuhi, menaati dengan bersungguh-sungguh untuk menang dalam pemilihan gubernur/wakil gubernur Jawa Barat.

Kesempatan pertama ini dimanfaatkan Dedi Supardi yang menjabat sebagai bupati Cirebon untuk mensosialisasikan dirinya sebagai calon Gubernur Jawa Barat dari PDIP di kota Sukabumi.

Disaksikan ratusan kader Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP kota Sukabumi ia mengatakan. "Saya akan maju menjadi calon Gubernur Jawa Barat dan akan menjadi gubernur Jawa Barat. Kota Sukabumi adalah pilihan pertama saya karena pemilihan walikota nanti bersamaan dengan pemilihan gubernur Jawa Barat," kata Dedi. (art)

Piala Asia U-23 Pakai Head to Head atau Selisih Gol? Ini Syarat Timnas Indonesia ke Perempat Final
Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka

Gibran Rakabuming Ikuti Arahan Prabowo Subianto Soal Pembatalan Aksi Damai di Gedung MK

Gibran Rakabuming Raka, sepakat dengan Prabowo Subianto yang meminta pendukungnya untuk membatalkan rencana aksi damai di depan gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta Pusat.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024