Balita di Bekasi Meninggal Diduga Flu Burung

Wabah flu burung
Sumber :
  • Antara/Nyoman Budhiana

VIVAnews - Nazril Ilham, balita berusia 3,5 tahun, meninggal dunia setelah belasan unggas milik orangtuanya mengalami sakit dan mati mendadak.

Nazril warga Kampung Sungai Bintaro Cabang Empat RT 01 RW 01, Desa Huripjaya Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi Jawa Barat, meninggal pada hari Selasa 24 Januari 2012. Sebelum meninggal dia sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Anna, Teluk Pucung Kecamatan Bekasi Utara Kota Bekasi.

Maemunah ibunda Nazril mengatakan bahwa diagnosa tim medis RS Anna menyatakan anaknya suspect H5N1 atau flu burung. Gejala awal terserang panas tinggi hingga 39 derajat, sejak Jumat 20 Januari 2012.

"Waktu itu dokter baru memperkirakan anak saya kena flu burung, dokter masih mau mengecek ulang lagi darahnya," kata Maemunah, Rabu 25 Januari 2012.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Muharmansyah Boestari, meminta agar meninggalnya Nazril tidak terlebih dahulu dikaitkan dengan penyakit flu burung. "Terlalu dini menyimpulkan kematian Nazril karena flu burung. Saat ini sampel darahnya masih diperiksakan di laboratorium Rumah Sakit Salianti Suroso Jakarta," ujarnya.

Dinas Peternakan Kabupaten Bekasi kata Muharmansyah, telah memeriksa unggas yang diternak orangtuanya d imana hasilnya negatif flu burung. "Kalau ada flu burung Dinas Peternakan pasti melakukan penyemprotan disinfektan," lanjutnya.

Sementara Kepala Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bekasi, Agus Trihono, memastikan kasus yang menimpa Nazril bukan penyakit flu burung. "Tim saya sudah menerima laporan sejak 17 Januari lalu. Saat itu sekitar 15 ternak itik milik orangtuanya mati mendadak, sebagian telah dikubur," katanya.

Tim dari Dinas Pertanian telah memeriksa beberapa unggas mati yang belum sempat dikubur, dan hasilnya negatif. Pemeriksaan dengan rapid tes, kata Agus, tidak menemukan adanya penyebaran virus H5N1 pada unggas di sekitar tempat tinggal korban.

"Petugas kami tiga kali melakukan pemeriksaan unggas dan hasilnya negatif semua," ungkapnya. Unggas milik orangtua Nazril mati satu per satu. "Kemungkinan unggas mati karena adanya perubahan cuaca dari panas ke hujan. Faktor itu mempengaruhi kematian unggas," ujarnya. (umi)

Begini Cara Klaim Perbaikan Suzuki Jimny 3 Pintu, Gratis!
Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri.

Eks Karutan KPK Achmad Fauzi Ajukan Praperadilan, KPK: Kami Tentu Siap Hadapi

Langkah eks Karutan KPK Achmad Fauzi ajukan praperadilan ke PN Jaksel untuk memastikan sah atau tidaknya status tersangka terhadapnya.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024