Korban Penembakan Freeport Dibawa ke Ternate

Kegiatan penambangan di lapangan tambang emas milik Freeport, di Papua.
Sumber :
  • VIVAnews/Banjir Ambarita

VIVAnews - Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen Pol HM Taufik menyatakan korban penembakan orang tidak dikenal di areal tambang PT Freeport Tembagapura Timika Papua, tepatnya di Levi Timur/Tanggul Timur, Briptu Ronald Sopamena, akan dimakamkan di tempat asalnya di Ternate, Maluku Utara, Rabu 8 Februari 2012.

Rizky Nazar Angkat Bicara Soal Dugaan Selingkuh, Beberkan Hal Ini

Taufik mengatakan saat ini korban sudah dievakuasi ke Klinik Walakencana.

"Direncanakan besok akan diterbangkan ke asalnya, yaitu Ternate melalui Makassar," kata Taufik dalam konfrensi pers di Mabes Polri, Selasa 8 Februari 2012.

Taufik menuturkan selain anggotanya, diperkirakan ada juga korban dari kelompok orang tidak dikenal tersebut. Namun, polisi tidak berhasil mengevakuasi karena sudah dibawa lari ke hutan terlebih dahulu.

Mereka juga tidak secara seketika dapat melakukan pengejaran terhadap pelaku penembakan. "Kalau melakukan pengejaran seketika itu, sulit medannya. Kami maksudnya melakukan pertolongan untuk korban sambil bertahan supaya tidak terjadi korban tambahan," terangnya.

Dia menambahkan tempat kejadian perkara tidak semudah yang dibayangkan. Wilayah yang rata-rata pegunungan, lembah, dan berada d ketinggian menyulitkan petugas dalam bergerak. "Jadi posisi anggota kami di lembah. Lawan di tebing-tebing ketinggian. Medan di Papua berawa-rawa, bukit-bukit, hutan-hutan perawan, masih lebat," ucapnya.

Seperti diketahui, sekitar pukul 05.00 WIT, Selasa 7 Februari 2012, dua tim Gegana masing-masing 6 orangĀ  di bawah pimpinan Ipda Analito dan juga 6 orang di bawah pimpinan Kompol Kustanto melakukan patroli disekitar Levi Timur. Namun, pukul 08.30 WIT, tiba-tiba kedua tim ini ditembaki orang tak dikenal.

Secara spontan, 2 tim anggota Brimob itu membalas ke arah datangnya tembakan. Kontak senjata pun berlangsung selama beberapa menit. Namun salah seorang anggota Brimob atas nama Briptu Ronald Sopamena tertembak rusuk atas bagian kanan. Anggota lain kemudian berupaya menolong korban dengan membawanya ke klinik di Mile 38. Tapi nyawanya tak tertolong, dalam perjalanan Briptu Ronald meninggal dunia. (umi)

Parto Patrio

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 26 April 2024. Salah satunya tentang sakit yang diidap Parto hingga harus dilarikan ke rumah sakit.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024