Ganti KRI Dewaruci, Kemhan Usul US$80 Juta

KRI Dewa Ruci melintas di Laut Manado
Sumber :
  • Antara/ Prasetyo Utomo

VIVAnews - Kementerian Pertahanan mengalokasikan anggaran sebesar US$70 juta-80 juta setara Rp630 miliar-720 miliar (kurs Rp9.000/US$) untuk pengadaan kapal latih matra laut pengganti KRI Dewaruci yang telah digunakan sejak 1953.

"Di dunia sudah tidak ada yang membuat kapal seperti itu. Kita belum pesan, baru proses. Anggaran sudah ditetapkan US$70-80 juta," ungkap Sekjen Kemenhan, Marsdya TNI Eris Herryanto di Gedung Kemhan, Jakarta, Rabu, 8 Februari 2012.

Eris mengungkapkan pengadaan kapal baru tersebut akan dilakukan melalui mekanisme tender terbuka. Sejumlah negara yang dibidik untuk menjadi peserta tender adalah Polandia, Belanda, dan Spanyol.

"Kami akan lakukan tender pengadaannya. Sebenarnya angkatan laut meminta kapal latih yang lebih besar dari Dewaruci," kata dia.

Seperti diketahui, Mabes TNI Angkatan Laut melakukan penjajakan ke tiga negara di Eropa untuk mencari pengganti kapal latih taruna matra laut KRI Dewaruci yang telah digunakan sejak 1953.

"Tiga negara yang menjadi alternatif bagi pengadaan kapal pengganti KRI Dewaruci adalah Polandia, Spanyol dan Belanda," kata Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut Laksamana Pertama Untung Suropati beberapa waktu lalu. (umi)

Film Siksa Kubur Raih 1 Juta Penonton dalam 4 Hari, Joko Anwar Girang
Yusril Ihza Mahendra, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Pede MK Bakal Tolak Gugatan Anies-Ganjar, Yusril: Pentitum Tak Beralaskan Hukum

Ketua Tim Pembela Hukum Prabowo-Gibran, Yusril Ihza Mahendra meyakini bahwa Mahkamah Konstitusi (MK) akan menolak semua gugatan yang tekah diajukan Anies-Ganjar.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024