Indonesia Beli 9 Pesawat Militer dari Airbus

Menteri Pertahanan (Menhan) Purnomo Yusgiantoro
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Pemerintah Indonesia membeli sembilan unit pesawat militer C-295 dari Airbus Military. Pesawat ini akan dinamakan CN 295 dan digunakan untuk kepentingan militer Indonesia.

Berani Adang Maling, Karyawan Alfamart di Semarang Naik Jabatan Jadi Kepala Toko

Pesawat ini dibeli dengan harga US$ 325 juta. Nilai ini mencakup juga penyediaan suku cadang dan pelatihan dengan skema pembayaran menggunakan Kredit Ekspor.

Penandatanganan kontrak pembelian pesawat ini dilakukan Direktur PT Dirgantara Indonesia (DI) dan President and CEO Airbus Military pada acara Singapore Air Show. Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, dan sejumlah anggota Komisi I DPR RI juga hadir dalam acara tersebut.

Purnomo mengatakan, pesawat C-295 akan dioperasikan oleh TNI Angkatan Udara untuk kepentingan militer, logistik, kemanusiaan, dan misi evakuasi medis.

"Pengiriman pertama diperkirakan mulai tahun 2012, sampai pada semester kedua tahun 2014," ujar Purnomo dalam keterangan tertulisnya, Rabu 15 Februari 2012.
          
Menurut Purnomo, pesawat C-295 memiliki kemampuan yang ideal untuk memenuhi kebutuhan militer Indonesia, serta kepentingan kemanusiaan, dan transfer of technologi.

"Dalam hal pembiayaan juga sangat efisien. Ada partisipasi penuh dari industri penerbangan dalam negeri  dapat menciptakan lapangan pekerjaan yang berkemampuan tinggi sekaligus transfer teknologi," ungkapnya.
 
Sementara itu, Dirut PT DI, Budi Santoso menjelaskan bahwa kerjasama ini bisa menumbuhkan bisnis industri penerbangan Indonesia sebagai penyedia tingkat pertama.

"Hal ini akan menempatkan PT DI di peta industri penerbangan global dan memberi kesempatan kepada Industri penerbangan Indonesia untuk mengembangkan kemampuan tenaga kerja," kata dia.

Sedangkan President and CEO dari Airbus Military Domingo Urena Raso, Airbus Military mengaku bangga karena Kementerian Pertahanan RI telah memilih C-295 sebagai salah satu armadanya. Ia juga berharap kerja sama dengan PT DI ini terus berlanjut.
 
Seperti diketahui, Generasi terbaru C-295 adalah pesawat yang ideal untuk pertahanan dan misi-misi kemanusiaan, patroli perairan termasuk operasi pengawasan wilayah. Selain itu, pesawat ukuran menengah taktis ini, juga memiliki kemampuan yang fleksibel bagi kebutuhan personel, pasukan, angkutan alat berat, evakuasi medis, tugas-tugas komunikasi serta logistik.
 
Di sisi lain, pesawat C-295 juga dapat dikonfigurasikan dalam versi khusus yang dipersenjatai sekaligus untuk kepentingan pengawasan daratan, SAR, patroli perairan, anti kapal selam atau peringatan dini udara. (umi)

Royal Enfield Guerilla 450 Siap Meluncur, Bakal Bersaing dengan Motor Ini
Ilustrasi pria marah/emosi.

Gak Boleh Dipendam, Rasa Marah Bisa Memicu Gaya Hidup Tidak Sehat

Rasa marah adalah kondisi emosional dasar yang dimiliki setiap manusia. Ketika dipendam terlalu lama, otak akan mengeluarkan hormon kortisol, yang menjadi penyebab stres.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024