NASIONAL

Munarman: Demo Anti FPI Hanya Pengalihan Isu

"Kalau Demokrat bisa mengalihkan isu, tentu isu-isu lain yang lebih besar juga dialihkan."
Jum'at, 17 Februari 2012
Oleh : Arry Anggadha, Mohammad Adam
Juru Bicara FPI, Munarman

VIVAnews - Juru Bicara Front Pembela Islam (FPI), Munarman, menyatakan bahwa Partai Demokrat sedang berupaya keluar dari keterpurukannya saat ini dengan membuat pengalihan isu pemberitaan.

"Demokrat ini kan memang lagi diperang. Demokrat ini kan lagi mengalami keterpurukan, diakui sendiri ratingnya turun, itu membutuhkan pengalihan isu, nah yang paling ampuh itu isu mengenai kekerasan dan FPI. Itu paling ampuh karena laku dijual," kata Munarman di Gedung DPD, Senayan, Jumat 17 Februari 2012.

Terkait itu, Munarman menduga ada peran pengurus DPP Demokrat dalam aksi penolakan FPI di Bundaran HI, Jakarta, pada Selasa kemarin. Dalam hal ini pengurus DPP Demokrat yang dimaksud Munarman tersebut adalah Ulil Abshar Abdala. "Dia kan pengurus Demokrat," kata Munarman.

"Ulil berdiri di pojokan Plaza Indonesia. Saya tahu persis itu proyeknya dia karena hari minggu sebelumnya orangnya Ulil rapat di Taman Ismail Marzuki untuk merencanakan kegiatan itu. Nah Ulil kita ketahui adalah Ketua DPP Demokrat bagian Strategi, dia yang mengatur ini semua untuk mengalihkan isu dari partai Demokrat. Saya kira begitu," kata Munarman.

Alasan Ulil Dukung Demo Anti FPI

Dihubungi terpisah, Ulil Abshar Abdala mengakui hadir dalam aksi anti FPI di Bundaran HI. Ulil pun menyatakan setuju dengan tema yang diangkat dalam aksi tersebut.

"Saya hadir sebagaimana teman-teman yang lain untuk memberikan support. Saya memang setuju dengan tema yang diangkat teman-teman yang melakukan aksi yaitu Indonesia tanpa FPI. Ya saya sepakat," kata Ulil saat dihubungi VIVAnews.com.

Namun, Ulil membantah ikut merancang aksi tersebut. "Saya hanya memberikan support lewat kedatangan saya di Bundaran HI dan me-retweet di Twitter," ujarnya. Ulil pun menuding balik Munarman. "Jadi munarman ini cowok yang hobinya fitnah. Tulis saja begitu," ujarnya.

Ulil juga membantah dukungan terhadap aksi anti FPI untuk mengalihkan isu mengenai keterpurukan Demokrat. "Kalau Demokrat bisa mengalihkan isu, tentu isu-isu lain yang lebih besar juga dialihkan. Menurut saya isu banyak dan masing-masing boleh ditanggapi kalau relevan," ujarnya.

Menurut Ulil, persoalan FPI sudah menjadi sorotan dirinya sebelum masuk Demokrat. Menurutnya, FPI salah satu organisasi yang keberadaannya paling berbahaya. "FPI ini suatu organisasi yang menurut saya keberadaannya paling berbahaya dari sudut memelihara kebhinekaan negara kita," ujarnya.

Apakah ini terkait juga dengan organisasi Jaringan Islam Liberal yang dipimpin Ulil? "Dari dulu FPI keras sama JIL karena JIL konsisten mengkritik cara berpikir ala FPI, tindakan FPI. Kalau mereka marah ya itu bisa dimaklumi," ujarnya.

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found