Komisi I DPR: AS Perlu Buktikan JAT Teroris

Ketua Harian JAT, Muhammad Achwan (tengah)
Sumber :
  • VIVAnews/ Fajar Sodiq

VIVAnews – Wakil Ketua Komisi I DPR yang membidangi pertahanan, intelijen, dan hubungan luar negeri, Tubagus Hasanuddin, mengatakan Amerika Serikat perlu membuktikan tudingannya terhadap Jemaah Ansharut Tauhid.

Pagi ini, Departemen Luar Negeri AS menyatakan JAT asal Indonesia pimpinan Abu Bakar Ba’asyir sebagai organisasi teroris. Departemen Keuangan AS juga memasukkan tiga pimpinan JAT dalam daftar hitam sehingga akses keuangan internasional kepada mereka diputus. Salah satu pimpinan JAT yang masuk daftar hitam adalah Abdul Rosyid Ridho Ba’asyir, putra Abu Bakar Ba’asyir.

“Kalau AS menuding JAT teroris, buktikan dulu dengan data. Harus hati-hati mengeluarkan statement seperti itu,” kata Hasanuddin kepada VIVAnews, Jumat 24 Februari 2012. Menurutnya, informasi bahwa JAT teroris sebetulnya sudah ada sejak tahun 2003 silam, namun belum bisa dibuktikan sampai hari ini.

“Jadi kalau belum ada bukti, bagaimana membawanya untuk diproses di pengadilan?” ujar politisi PDIP itu. Hasanuddin meminta AS melaporkan JAT ke Polri apabila mereka sudah memiliki bukti, sehingga hal ini bisa diusut bersama-sama.

Sementara mengenai informasi terkait JAT dari Badan Intelijen Negara sendiri, Hasanuddin sebagai mitra kerja BIN di Komisi I DPR mengaku belum tahu. “Mungkin mereka masih bekerja, tapi belum memberi keterangan terbuka,” kata dia.

Seperti dikutip dari The Wall Street Journal, Departemen Luar Negeri AS menilai JAT bertanggung jawab atas sejumlah serangan terkoordinasi terhadap warga sipil yang tidak bersalah, polisi, dan personel militer di Indonesia. Mereka juga menyatakan JAT memperoleh senjata dengan merampok bank dan melancarkan berbagai kegiatan ilegal.

Salah satu pengurus JAT, Abdul Rahim Ba’asyir, juga meminta AS membuktikan tudingan mereka. “Dari dulu Amerika selalu mencari alasan untuk memukul gerakan aktivis yang ingin menegakkan Islam. Itu sudah biasa. Tapi bukti mereka apa?” kata dia. (umi)

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya
Aksi panggung Reza Artamevia dalam Soul Intimate Concert 2.0

Ajak Bernostalgia, Dewa 19 hingga Reza Artamevia Guncang Panggung Soul Intimate Concert 2.0

Dewa 19, Reza Artamevia dan Maliq & D'Essentials hibur penonton dengan deretan hits ngetop di panggung Soul Intimate Concert 2.0.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024