NASIONAL

Masuk Daftar Teroris AS

Jubir JAT Bantah Tampung Noordin M Top

Son Hadi bersikukuh bahwa orang yang dia tampung bukan Noordin Top.

ddd
Jum'at, 24 Februari 2012, 16:17 Ita Lismawati F. Malau, Fajar Sodiq (Solo)
Pengurus Jamaah Ansharut Tauhid (JAT)
Pengurus Jamaah Ansharut Tauhid (JAT) (VIVAnews/ Fajar Sodiq)

VIVAnews - Juru bicara Jamaah Anshorut Tauhid (JAT) Son Hadi bin Muhadjir membantah tuduhan Departemen Luar Negeri  Amerika Serikat yang menyebut, dirinya pernah menampung Noordin M Top, gembong teroris asal Malaysia. Noordin Top tewas dalam sebuah penggerebekan di Solo.

Dijumpai VIVAnews, Jumat 24 Februari 2012, Son Hadi bersikukuh bahwa orang yang dia tampung bukan Noordin Top seperti yang muncul dan terkenal di media massa. Lagipula, Son tak ingin lagi mengingat kasus itu karena dirinya sudah selesai menjalani masa hukuman. "Itu bagian dari sejarah hidup saya."

Son Hadi menceritakan, orang-orang yang bersamanya saat itu berbeda dengan foto-foto tersangka teroris yang muncul di media. Sehingga dia mempertanyakan rilis Amerika Serikat yang memasukkannya dalam daftar teroris.

Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Keuangan AS merilis JAT sebagai organisasi teroris asing. Dalam rilis ini, AS juga menyebut tiga nama berhubungan dengan Al Qaeda, yakni Mochammad Achwan, Son Hadi bin Muhadjir, dan Abdul Rosyid Ridho Ba'asyir.

AS menyatakan Son Hadi yang juga juru bicara JAT, adalah penyedia keperluan untuk operasi. Lelaki asal Pasuruan ini menerima perintah langsung dari Achwan sebagai Emir.

Son Hadi telah lama menjadi anggota Jemaah Islamiyah (JI). Pada 2004, dia menjadi pemimpin cabang JI di Jawa Timur. Antara 1997 dan 2004, Hadi bekerja di yayasan yang menjadi pusat aktivitas JI di Surabaya.

Pria kelahiran tahun 1971 ini pernah dipenjara empat tahun pada 2005 karena pernah menampung Noordin M Top. AS juga mengatakan Hadi memiliki bahan peledak yang digunakan dalam pengeboman Kedutaan Besar Australia di Jakarta pada 2004 lalu yang menewaskan sembilan orang dan melukai 182 lainnya. (umi)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
iron maiden
25/02/2012
son hadi ini sdh terbukti secara sah dan meyakinkan ngumpetin noordin m top, JAT = jaringan antek2 teroris
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com