NASIONAL

Koala Juga Jadi Korban

Kebakaran hutan di Australia bagian tenggara ternyata juga mengancam hewan langka
Rabu, 11 Februari 2009
Oleh : Renne R.A Kawilarang, Shinta Eka Puspasari
Seorang petugas memberi minum seekor koala yang terluka

VIVAnews - Seekor koala berjalan tertatih-tatih melalui jalur yang hangus. Ia berhenti ketika menyadari kehadiran seorang petugas pemadam kebakaran, David Tree.

"Ia berbalik dan memandangi saya dengan sorot mata mengharap pertolongan," kata Tree di kota Healesville, negara bagian Victoria, Selasa (10/2). Tree lalu berteriak meminta sebotol air yang lalu ia berikan pada koala betina yang ia namai Sam itu.

Tree tergabung dalam petugas penyelamatan hewan yang bertugas menyisir area bekas kebakaran hutan di Victoria bagian selatan. Mereka mulai bekerja sejak Minggu (8/2) menelusuri ratusan hektar daerah yang terbakar habis.

"Saya mencintai alam dan pernah menangani koala, mereka mungkin tidak terlalu ramah tapi saya tetap ingin menolong mereka," kata Tree.

Sedikitnya 181 orang tewas dan 1.000 rumah hangus dalam tragedi kebakaran hutan yang terjadi di Australia bagian tenggara yang berlangsung sejak akhir pekan lalu.

Jumlah hewan yang mati belum diketahui. Yang pasti, Masyarakat Perlindungan Hewan Australia mengatakan kebakaran itu telah merenggut habitat ratusan hewan dan sumber daya alam. (AP)

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found