Rifai Pernah Dipecat sebagai Kuasa Hukum Rosa

Mindo Rosalina Manulang Bersaksi di Sidang Nazaruddin
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Ahmad Rifai mengaku pernah dipecat sebagai kuasa hukum oleh Mindo Rosalina Manulang. Namun, pencabutan surat kuasa itu hanya berlangsung selama 17 jam.

"Memang kasus Rosa ini sangat unik, bahkan saya sempat diberhentikan oleh Bu Rosa selama 17 jam pada 17 Februari 2012," kata Rifai di kantornya, Minggu 26 Februari 2012.

Tapi akhirnya, Rosa meminta agar Rifai tetap menjadi kuasa hukumnya. Alasannya, Rosa merasa nyaman. "Tanggal 18 Februari, sehari kemudian, saya diberikan surat kuasa lagi oleh Bu Rosa," tutur mantan pengacara Bibit-Chandra itu.

Sayang, Rifai tak diberi tahu Rosa alasannya mencabut surat kuasa sebagai kuasa hukum. Meski demikian, Rifai menilai kasus Rosa bukanlah kasus biasa.

"Saya menyimpulkan penuh nuansa di luar hukum, khawatir dikaitkan dengan politik. Saya tidak mau Bu Rosa jadi korban dan dikorbankan," ujar Rifai.

Dia pun menegaskan tidak ada kaitan politik apa pun dalam mendampingi Rosa. Dia juga akan menolak dengan tegas jika ada tawar-menawar terhadap kliennya. "Ini murni untuk melindungi hak klien mengungkap kasus korupsi," ucapnya.

Rifai justru menyesalkan pernyataan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban serta Komisi Pemberantasan Korupsi yang mempersoalkan keabsahan dirinya sebagai kuasa hukum Rosa. Rifai menegaskan sudah menyerahkan surat kuasa penunjukan dirinya kepada dua instansi tersebut setelah penunjukan kembali sebagai kuasa hukum.

"Besok paginya setelah itu, saya datang untuk serahkan surat kuasa itu. Surat itu sudah saya sampaikan ke LPSK dan KPK. Kalau itu dibilang saya tidak koordinasi, itu omong kosong. Surat kuasa sudah saya sampaikan," jelasnya.

Sebelumnya, Ketua LPSK Abdul Haris Semendawai meragukan keabsahan Ahmad Rifai sebagai kuasa hukum Rosa. Alasannya, sampai saat ini, dia mengaku belum pernah menerima surat kuasa Ahmad Rifai sebagai kuasa hukum Rosa.

“Jika ternyata Ahmad Rifai tidak sah menjadi kuasa hukum Rosa, LPSK akan membatasi pihak-pihak yang dapat bertemu Rosa, kecuali atas persetujuan LPSK," tegasnya. (art)

Prediksi Premier League: Fulham vs Liverpool
VIVA Militer: Serangan rudal Iran menghantam pangkalan udara militer Israel

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Serangan mengejutkan dari Iran sebagai balasan terhadap Israel yang menyerang pangkalan militer Iran di Damaskus, Suriah, membuat dunia terkejut sekaligus meningkatkan es

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024