Avtur Tersedia, Pesawat Mulai Terbang Normal

Bandara Supadio Pontianak
Sumber :
  • Antara/ Jessica Wuysang

VIVAnews – Kelangkaan  bahan bakar minyak (BBM) jenis avtur untuk pesawat menyebabkan sejumlah maskapai di Bandara Supadio, Pontianak, membatalkan penerbangan mereka pada  Senin  kemarin. Bahkan   sebagian maskapai lainnya memilih mengurangi beban kargo, demi menghemat bahan bakar.

Mulai hari ini pasokan bahan bakar minyak jenis avtur tersebut tersedia. Sejumlah kapal tanker yang mengangkut bahan bakar jenis avtur dari Jakarta sudah tiba di Pontianak sejak Selasa kemarin.

Kepala Depo Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Bandara Supadio Pontianak, Fakhrurozi mengatakan, kelangkaan avtur itu akibat cuaca buruk yang memutus distribusi dari pusat ke daerah. Terhitung sejak Selasa kemarin beberapa pasokan bahan bakar minyak jenis avtur tersebut saat ini tersedia. 

PVMBG Beberkan Kronologi Kenaikan Aktivitas Gunung Ruang Sebelum Meletus

“Persedian pasokan avtur sudah terpenuhi di Bandara Supadio Pontianak. Kapal tanker sudah datang dari Jakarta yang membawa sejumlah pasokan untuk ketersediaan di bandara ini. Ya kalau soal cuaca kan tidak bisa kita salahkan dan tidak bisa diprediksi. Semua stok avtur aman.“ kata Fakhrurozi  kepada VIVAnews, di Pontianak,  Rabu 29 Februari 2012.

Sementara, menurut General Manager PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Supadio,  Normal Sinaga, di antara penerbangan yang batal  pada Senin kemarin adalah yang menuju Sintang, Ketapang dan Putusibau. Akibat pembatalan tersebut, para penumpang menukarkan tiket yang telah mereka beli.

“Pada Senin kemarin memang terjadi pembatalan penerbangan untuk pesawat ke sejumlah daerah. Tapi, mulai hari ini semua penerbangan sudah normal seperti biasanya lagi. Jadi, pesawat yang datang dari Jakarta pun tidak perlu lagi membawa persedian avtur. Sudah tersedialah stok avtur sekarang di bandara ini,” kata Normal Sinaga.

Normal Sinaga berharap, ke depannya kejadian ini seperti ini tidak terulang kembali. Kata dia, sudah seharusnya dimatangkan sistem perencanaan yang matang terkait persediaan banhan bakar minyak jenis avtur tersebut di Bandara Supadio Pontianak.”Ya mudah-mudah jangan lagi lah langka avtur, karena sangat merugikan kita semua”.  (eh)

Real Madrid vs Manchester City

Kata Guardiola Usai Manchester City Disingkirkan Real Madrid

Manchester City Disingkirkan Real Madrid dari perempat final liga Champions.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024