Dua Daerah di Jawa Barat Diterjang Banjir

Pondok Labu Kembali Banjir
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Dua daerah di Jawa Barat dilanda banjir bandang. Di Cianjur, dua siswa sekolah menengah tewas dihanyutkan banjir. Di Garut, ratusan rumah digenangi air.

Unit K-9  (Anjing Pelacak) dan SAR Batalyon Brimob, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, diturunkan untuk melakukan pencarian jenazah siswi SMP Terbuka Loji kaki gunung Taman Nasional Gede Pangrango (TNGP), Desa Gekbrong, Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

“Kita terpaksa meminta bantuan karena keterbatasan yang dimiliki oleh Polsek dan kondisi lingkungan termasuk cuaca yang tidak memungkinkan aparat setempat melakukan upaya pencarian dan evakuasi," kata Kapolsek Warung Kondang, Ajun Komisaris Murdiono pada VIVAnews.com di lokasi pencarian. "Dari pukul 08.00 WIB, dua ekor anjing dari unit K-9 dan satu Peleton SAR Brimob menyusuri gorong gorong dan sungai yang ada di kawasan ini."

Ia memaparkan peristiwa tersapunya tiga siswi kelas satu SMP Terbuka Lojib terjadi kemarin, 27 Februari 2012, pada pukul 16.30 WIB. “Para siswi ini usai pulang sekolah karena mereka memang masuk siang dan pulang sore hari. Saat pulang terjadi hujan besar yang menyebabkan banjir dan menyeret ke tiga siswi yang hendak pulang ke rumahnya usai mengikuti pelajaran di sekolah."

Para siswi yang meninggal terseret arus bernama Siti Ratna Suminah (13) dan Siti Sutinah (13) sedangkan korban selamat Neng Putri Rahayu (13). Korban selamat telah berada di rumahnya setelah mendapat perawatan namun masih dalam keadaan syok.

Tim K-9 dan SAR Brimob dan pihak TNI  terus berupaya mencari jenazah satu korban lagi atas nama Siti Sutinah. Jenazah Siti Ratna Suminah telah ditemukan kemarin (27-08-2012) pukul 18.00 WIB di dalam parit sedalam delapan meter. Lokasi tempat ditemukan jenazah 250 meter dari tempat ke tiga siswi terseret arus usai pulang sekolah.

Tim Gabungan dan warga membagi tiga kelompok menyusuri gorong gorong yang bermuara di Sungai Cikujang, Cisantong dan Ciberem. Ketiga sungai itu berjarak sekitar dua kilo lebih dari tempat kejadian perkara. Tim pencari mendapat bantuan tambahan dari tim Badan SAR Daerah yang membawa perahu karet pada Pukul 10.30 WIB.

Sungai Cimanuk Meluap

Sementara itu di Garut, hujan deras yang terjadi di hulu  menyebabkan Sungai Cimanuk meluap dan menyebabkan banjir. Banjir terjadi sejak Selasa pukul 19.00 Wib di wilayah Desa Haurpanggung dan Desa Sukakarya Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut. Tercatat 547 rumah yang ditempat 2.077 jiwa penduduk terendam banjir di dua desa tersebut.

Di Desa Haurpanggung menggenangi 468 unit rumah (1.765 jiwa) sedangkan di Desa Sukakarya menggenangi 79 unit rumah (312 jiwa). Ketinggian banjir 40 – 150 cm. Tidak ada korban terkait banjir tersebut, baik luka maupun meninggal. Taksiran kerugian masih dalam perhitungan.
 
Badan Penanggulangan Bencana Daerau Garut melakukan koordinasi dengan instansi terkait beserta unsur TNI dan Polri dalam melakukan evakuasi korban ke tempat yang lebih aman. Telah dilakukan penyedotan air yang menggenangi rumah penduduk. Pemberian bantuan makanan siap saji telah didistribusikan ke beberapa tempat.  (eh)

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi
Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024