BBM Naik, TNI Minta Dikasih Minyak Bukan Uang

Tank TNI di Lebanon
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVAnews - Rencana kenaikan tarif bahan bakar minyak (BBM) yang diputuskan berlaku pada April 2012 mendatang, juga akan berdampak pada operasional Tentara Negara Indonesia (TNI).

Kembangkan Produk Urea dan Amonia, Pupuk Indonesia Gandeng BUMN Brunei BFI

Hal itu disampaikan oleh Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI, Laksamana Muda Iskandar Sitompul, di Jakarta, 12 Maret 2012. "Selama ini kami dapat jatah BBM dengan cara dikasih uang, lalu kami sendiri yang membeli. Kami sarankan sebaiknya kami tidak dikasih uang lagi, tapi langsung minyaknya saja. Dengan demikian tak ada dampaknya dengan operasional," kata Iskandar.

Dia melanjutkan bahwa semenjak dulu TNI telah melakukan penghematan BBM. Salah satu cara penghematan itu adalah dengan mengandalkan intelegen di lini depan.

"Begitu ada kejadian baru pesawat terbang atau kapal laut menuju ke lokasi. Kami kedepankan intelejen. Agar penggunaan bahan bakar bisa seefisien mungkin," ujarnya.

Meski pengaruhnya tidak terlalu signifikan, menurut Iskandar, TNI tetap memprioritaskan daerah-daerah tertentu yang lebih membutuhkan. Berapa anggaran BBM untuk TNI selama ini? "Masalah anggarannya berapa, saya tak begitu hapal. Yang pasti TNI menggunakan banyak bahan bakar," tuturnya.

Siang ini, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Perekonomian Hatta Radjasa, dan Menko Kesra Agung Laksono, dijadwalkan menggelar rapat terkait kenaikan harga BBM di Mabes TNI, Cilangkap Jakarta Timur. Namun pertemuan tersebut berlangsung secara tertutup. Para pewarta berita tak diizinkan untuk memasuki area tempat rapat berlangsung.

Diduga Sindir Chandrika Chika, Jefri Nichol Disenggol Netizen Soal Kasus Narkobanya Sendiri
Kembaran Yamaha Aerox 155 di Malaysia, Yamaha NVX 155 dapat warna baru

Yamaha Aerox 2024 Makin Sporty dan Elegan dengan Warna Barunya

Yamaha NVX 155 atau yang dikenal sebagai Yamaha Aerox 155 di Indonesia kini mendapatkan pilihan warna baru di Malaysia. Ada 4 warna baru yang diberikan pada skutik ini.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024