Heryawan Serahkan Hibah 1.000 Motor ke Polisi

Ribuan sepeda motor hibah untuk Kepala Desa dan Lurah se-Jawa Barat
Sumber :
  • Antara/ Agus Bebeng

VIVAnews - November tahun lalu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyerahkan hibah 5.905 sepeda motor kepada kepala desa/ kelurahan se-Jawa Barat. Bantuan hibah tersebut menggunakan dana APBD tahun 2011 senilai Rp 85 miliar.

Nah, di tahun 2012 ini, giliran polisi dan tentara di Jawa Barat yang mendapat berkah hibah. Ada 1.000 sepeda motor diserahkan Heryawan pada Senin 19 Maret 2012 pagi ini.

Dalam siaran pers yang disampaikan hari ini, bantuan hibah itu dimaksudkan untuk mengakselerasi pembangunan terkait penyelenggaraan pemeliharaan ketertiban dan ketenteraman umum. Apalagi dengan jumlah penduduk yang terbesar di Indonesia, maka dituntut keseriusan seluruh elemen masyarakat dalam menjaga kedamaian, keamanan dan kondusifitas di kawasan Jawa Barat.
 
“Meski Jawa Barat memiliki jumlah penduduk yang terbesar di Indonesia, namun saya mengharapkan agar Jawa Barat menjadi Provinsi paling aman, paling damai dan paling kondusif di antara Provinsi lainnya di Indonesia," kata Heryawan dalam apel penyerahan bantuan di Lapangan Gasibu, Bandung.

Pasien Imunodefisiensi Primer Minta Pemerintah Masukkan Terapi IDP ke dalam Formularium Nasional

"Tentunya hal itu dapat terwujud berkat dukungan semua pihak, baik dari unsur kepolisian, TNI, Pemerintah Daerah serta seluruh elemen masyarakat lainnya," kata Heryawan yang akan mencalonkan diri lagi pada pemilukada Jawa Barat berikutnya itu.

Hibah ini sesuai dengan kesepakatan yang tercantum dalam Naskah Perjanjian Belanja Hibah Daerah (NPHD) yakni berupa hibah dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat kepada Kepolisian Daerah  Jawa Barat dan Kodam III/Siliwangi.
 
Sementara Asisten Administrasi Setda Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa, dalam laporannya menyatakan sebagaimana tertuang dalam NPHD, hibah kendaraan operasional ditujukan untuk menunjang penyelenggaraan urusan pemerintahan, terutama pengamanan dan ketertiban masyarakat.

Adapun bantuan hibah Kendaraan Operasional Sepeda Motor Roda 2 sebanyak 1.000 unit, dengan rincian untuk Polda Jabar sebanyak 500 unit Sepeda Motor Roda 2 merk Honda Mega Pro CW 150 cc.  Untuk Kodam III/Siliwangi 500 unit, rinciannya 250 unit Sepeda Motor Roda 2 merk Honda Mega Pro CW 150 cc, dan 250 unit Sepeda Motor Roda 2 merk Kawasaki KLX 150s 150 cc.
 
Menurut Iwa, dari total 1.000 unit yang dihibahkan, 750 unit di antaranya diserah-terimakan saat ini, yaitu 500 unit Sepeda Motor Honda Mega Pro CW 150 cc untuk Kepolisian Daerah Jawa Barat, serta 250 Sepeda Motor Honda Mega Pro CW 150 cc untuk Kodam III/Siliwangi. Sedangkan sisanya 250 unit merk Kawasaki KLX 150s 150 cc untuk Kodam III/ Siliwangi, masih dalam proses pelelangan.

“Mudah-mudahan proses pelelangannya dapat berlangsung lancar agar tercipta tertib administrasi, akuntabilitas dan transparansi pengelolaan Belanja Hibah, sehingga seluruh Kendaraan Operasional tersebut dapat segera diserah-terimakan kepada Kodam III/Siliwangi,” kata Iwa.

PSSI Tempuh Jalur Tak Normal Supaya Nathan Tjoe-A-On Bela Timnas U-23 Indonesia di Perempat Final
Ketum Gerindra Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden PKS Ahmad Syaikhu.

Syaikhu Bicara Peluang PKS Gabung dengan Pemerintahan Prabowo-Gibran

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Syaikhu turut buka suara soal peluang akan gabung atau tidak ke Pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024