NASIONAL

Cuaca Ekstrim di Sulut Resahkan Warga

Warga yang melintas di jalan raya takut tertimpa pohon yang tumbang.

ddd
Rabu, 21 Maret 2012, 21:09 Finalia Kodrati, Roger Wenas (Sulawesi Utara)
Pohon tumbang akibat cuaca ekstrim
Pohon tumbang akibat cuaca ekstrim (VIVAnews/Anhar Rizki Affandi)

VIVAnews - Cuaca ekstrim yang terjadi di Sulawesi Utara menyebabkan puluhan rumah rusak akibat angin kencang yang disertai hujan deras yang terjadi di beberapa Kota dan Kabupaten.

"Atap rumah kami rusak, beberapa bagian rumah yang terbuat dari tripleks juga lepas dan dibawa angin kencang" ujar Rini warga Manado saat ditemui VIVAnews.Com.

Di sekitar jalan trans Manado Bitung juga terlihat beberapa pohon yang tumbang dan membentang jalan tersebut. Hal tersebut mengakibatkan terjadi kemacetan panjang. Masyarakat yang melewati jalan tersebut  dilanda rasa ketakutan.

"Cuaca hari ini ekstrim, kami juga sangat was-was untuk melintas di jalan trans Manado Bitung ini. Takutnya tiba-tiba pohon tumbang saat kami melintas" ujar Syarif pengendara mobil yang sedang antri saat terjadi kemacetan.

Cuaca ekstrim juga terjadi di Kota Bitung, angin kencang dan hujan yang mengguyur membuat kota itu sempat terjadi banjir akibat drainase yang tersumbat. Warga sekitar pun telah bersiap-siap untuk meninggalkan rumah mereka.

"Kami cepat-cepat berkemas barang, sebab tempat kami rawan dengan banjir" ujar ibu Ratna warga Pateten, Kota Bitung

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Utara, Hoyke Makarawung kepada VIVAnews.Com mengatakan, pihaknya selalu siap  mengantisipasi terjadinya bencana.

"Kami selalu melakukan koordinasi dengan kabupaten dan Kota, kami juga selalu melaporkan hal ini kepada gubernur" ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Bukan hanya tiupan angin dan hujan deras yang melanda Sulut, ombak setinggi 2 meter pun ikut menghantam dermaga pelabuhan Manado.

Saat ini Badan Meteorologi Kalimatologi dan Geofisika memberi peringatan dini terkait cuaca ekstrim dan sudah memberikan informasi kepada pihak terkait seperti Administrator Pelabuhan mengenai cuaca saat ini di Sulut.

"Adanya daerah tekanan rendah di Australia bagian utara, dengan tekanan 994 milibar, sehingga Sulawesi Utara terkena imbas angin yang kencang dan hujan deras" ujar  Forecaster On Duty BMKG Manado, Indar Walujo melalui pesan singkat. Indar juga mengimbau agar warga untuk tetap waspada terhadap cuaca di Sulawesi Utara hingga malam ini. (sj)

 



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com