Dahlan Iskan: Wartawan Harus Dilindungi

Aksi Demo Tolak BBM Ricuh di Monas-Gambir
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Demonstrasi menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) di depan Stasiun Gambir, Selasa 27 Maret 2012, berakhir ricuh.

Bahkan, selain memukul mundur para pengunjuk rasa yang sebagian besar mahasiswa, aparat juga diduga melakukan kekerasan terhadap sejumlah wartawan yang meliput aksi tersebut.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BMUN), Dahlan Iskan menyayangkan tindakan represif aparat kepolisian. Ia mengatakan, kekerasan terhadap wartawan tidak boleh terjadi. Apalagi yang tengah melakukan tugas peliputan.

"Wartawan itu kan harus dilindungi," kata Dahlan saat mengunjungi lokasi pasar murah di Jalan Tanah Tinggi IV, Johar Baru, Jakarta Pusat, Rabu 28 Maret 2012.

Menurut pemilik usaha media Jawa Pos Group ini, profesi wartawan harus dilindungi. "Seharusnya (kekerasan) itu tidak terjadi," katanya.

Diketahui, wartawan Lampu Hijau Rizky Sulistyo, kamerawan Global TV Riris dan kamerawan TV One Adi Hartanto mengalami kekerasan dan intimidasi dari aparat.

Rizky mengalami penjambakan, pemukulan, dan tendangan di beberapa bagian tubuhnya oleh aparat. Sementara dua kamera milik Riris dan Adi dirusak aparat. "Bahkan, memory card kamera saya diambil polisi. Sampai sekarang belum dikembalikan," ujar Adi di lokasi, kemarin.

Lippo Karawaci Cetak Pendapatan Rp 17 Triliun di 2023, Kantongi Laba Bersih Rp 50 Miliar
Bom peninggalan perang dunia ke II saat hendak diledakkan

Bom Temuan Bekas Perang Dunia II Diledakkan di Lanud Silas Papare

Pangkalan TNI Angkata Udara Lanud Silas Papare meledakkan satu unti bom peninggalan dari Perang Dunia II di Hollandian Drome Lanud Silas Papare. pada Kamis 28 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024