Nazar Beber Kisah Pelarian di Depan Hakim

Nazaruddin Menjalani Sidang Lanjutan di TIPIKOR
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Terdakwa suap pembangunan wisma atlet SEA Games, Muhammad Nazaruddin membeberkan kisah pelariannya ke sejumlah negara di depan hakim dalam persidangan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu 28 Maret 2012.

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur

Nazaruddin memulai kisah itu pada 23 Mei 2011, beberapa jam sebelum dicegah Imigrasi. Singapura menjadi negara tujuan pertamanya.

"Sebenarnya saya sudah pesan tiket untuk hari Selasa 24 Mei 2011 penyidik KPK juga tahu itu," kata Nazaruddin di persidangan. "Tetapi, diperintahkan Mas Anas berangkat Senin 23 Mei 2011 itu juga." Anas Urbaningrum sendiri telah membantah tudingan Nazaruddin ini.

Perjalanan Nazaruddin kemudian dilanjutkan ke Dubai, Bogota dan Cartagena, Kolombia. Nazaruddin mengaku transit sebentar di Malaysia. "Itu untuk urusan bisnis yang mulia," kata Nazaruddin.

Saat itu, bekas Bendahara Umum Demokrat ini mengaku tak tahu sedang dicari oleh polisi internasional alias interpol. "Tidak tahu," kata Nazar menjawab pertanyaan Hakim Herdi Agustien.

Namun, Hakim Herdi tidak begitu saja percaya dengan pengakuan Nazaruddin itu. Menurut Herdi, tidak mungkin Nazaruddin tak tahu sedang dalam buruan polisi. Karena, Nazaruddin pernah diwawancara melalui media internet dengan mengenakan topi jerami. Saat itu, Nazaruddin berbicara tentang kasus wisma atlet.

"Waktu itu, jika tidak di Dominika, di Venezuela. Saya mengatakan akan membongkar semuanya karena saya mengetahui waktu itu ada pertemuan antara Anas dan pimpinan KPK bahwa semua diarahkan ke saya. Sehingga, saya mengatakan akan membuka semua yang lama-lama biar semua orang tahu," ujar Nazaruddin meyakinkan hakim.

Nazaruddin kemudian ditangkap oleh polisi Kolombia di Cartagena pada 7 Agustus 2011. Dia kemudian dipulangkan dan tiba di Indonesia pada 13 Agustus 2011. (eh)

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023
Game MMORPG Tarisland.

Game MMORPG Tarisland Siap Menggebrak, Ada Streamer Indonesia

Nimo secara khusus mengundang game MMORPG Tarisland yang sangat dinantikan-nantikan. Para tamu yang diundang, di antaranya streamer Depinaa dari Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024