Kasus Kemenpora

KPK Fokus Pembebasan Lahan Hambalang

Proyek Hambalang
Sumber :
  • VIVAnews/ Ayatullah Humaeni

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus melakukan penyelidikan kasus korupsi pembangunan komplek olah raga di Gunung Hambalang, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Salah satu fokus penyelidikan adalah pembebasan lahan 32 hektar oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN).

"Memang tanah adalah bagian dari proyek itu. Itu kan nilainya signifikan, menyangkut tanah," kata Wakil Ketua KPK, Adnan Pandu Pradja di kantornya, Jakarta Rabu 4 April 2012 malam.

Menurut dia, penyelidikan kasus ini tak bisa serta merta bisa disimpulkan. Karena menyangkut banyak pihak. "Apalagi menyangkut tokoh-tokoh penting. Prinsipnya kami berjalan semuanya," ujar dia.

Adnan menegaskan, KPK tak pernah berhenti dan hanya menyasar pihak-pihak tertentu saja dalam kasus ini. Namun saat disinggung kapan KPK akan menaikan status Hambalang ke penyidikan, Adnan menolak berkomentar.

"Itu lagi kalau selalu dituntut-tuntut waktu. Dari pada kita terikat tentu tidak mungkin," ujar Adnan.

Dalam kasus Hambalang KPK telah memintai keterangan puluhan saksi. Mayoritas saksi yang dimintai keterangan terkait kasus dugaan korupsi proyek Hambalang adalah PT Adhi Karya, selaku pelaksana proyek.

"Itu sudah subtansilah. Pokoknya gelar perkara (kasus Hambalang) bisa tidak sekali. Kalau sudah bicara menyidik berarti sudah kita targetkan semua pihak yang berpotensi dalam persoalan ini, tentu kita periksa," tuturnya.

Hari ini, KPK telah memeriksa Manajer Pelaksana PT Adhi Karya, Pryambudi Hendro. Pryambudi yang ditemui usai menjalani pemeriksaan di kantor KPK, menolak berkomentar. Hendro yang tak menggubris pertanyaan wartawan, langsung bergegas meninggalkan gedung KPK dan memilih pergi menggunakan motor vespa yang sudah menunggunya di pinggir jalan.

Selain Hendro, KPK juga kembali memeriksa Sesmenpora, Wafid Muharram dalam proyek yang menelan biaya sekitar Rp 1,2 triliun. (sj)

Profil Dio Novandra, Pacar Megawati Hangestri yang Dikenalkan ke Para Pemain Red Spark
Rowoon

Rowoon Ungkap Alasan Keluar dari SF9 dan Fokus di Akting Sebagai Aktor

Rowoon eks anggota SF9 baru-baru ini akhirnya mengungkapkan alasan di balik keputusannya untuk meninggalkan grup idola tersebut dan beralih fokus ke dunia akting. 

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024