FOTO: Atraksi Udara Memukau TNI AU

Sorot intelijen - HUT TNI AU Ke-66 di Halim Perdanakusuma
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVAnews – Peringatan Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Udara ke-66 diwarnai aksi Jupiter Aerobatic Team (JAT) di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin 9 April 2012.

Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients

JAT merupakan rangkaian manuver akrobatik udara dengan menggunakan pesawat latih tempur KT 1-B  yang diawaki para Instruktur Penerbang Lanud Adisutjipto.

Aksi enam pesawat latih pabrikan Korea Selatan ini membentuk sejumlah formasi udara Jupiter Roll (berputar 360 derajat), Arrow Head Loop (formasi anak panah), Hi G Turn, Clover Leaf (menanjak 90 derajat dan berputar 90 derajat), Tango Diamond Loop, Mirror (terbang terbalik), Manuver Heart, dan Roll Slide (menari di udara) sebagai atraksi pamungkas.

Aksi berikutnya adalah formasi Kalin Kencana Flight, yakni aksi penyelamatan udara dan pengawalan pesawat Boeing 737 dengan 2 pesawat F-16 Fighting Falcon dan 4 pesawat Sukhoi SU27/30 Flanker dari ketinggian 500 meter dan melaju dengan kecepatan 400km/jam.

Demo operasi udara kali ini juga menampilkan aksi pengintaian udara oleh pesawat Boeing 737 dan CN-235. Sementara Hawk 100/200 melakukan armed force recce dan dua pesawat tempur milik RI F 16 Sukhoi melakukan penyerangan udara dengan menjatuhkan 16 bom seberat 8 ton.

Ada pula aksi pesawat C-130 yang membawa terbang 66 peterjun TNI AU tepat di atas dropping zone. Satu demi satu peterjun kemudian keluar dari pesawat pada ketinggian 7.500 kaki di atas permukaan bumi. Teknik penerjun free fall ini digunakan oleh pasukan khas TNI AU untuk melakukan penyusupan ke daerah musuh, baik dalam rangka penyusupan pasukan pengendali tempur maupun kendali depan operasi lintas udara (KDOL).

Pasukan elit TNI AU Paskhas Den Bravo juga ikut diturunkan dalam memeriahkan HUT TNI AU ke 66. Satu Batalyon tempur elit TNI AU itu melakukan aksi penyusupan dan perebutan pangkalan udara milik musuh.

Peringatan HUT TNI ini melibatkan 2.560 personel TNI AU, dan dilanjutkan pula dengan demo udara, terjun payung, terjun statik, peragaan drum band karbol Akademi AU, tembak reaksi, demo antiteror Denbravo Paskhas, dan Dynamic Show pesawat Helly. Lihat foto atraksi tersebut di sini.

Prabowo Subianto

Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping

Menteri Pertahanan juga pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto akan mengunjungi Beijing China, pada 31 Maret-2 April 2024. Prabowo dijadwalkan bertemu Presiden Xi Jinping

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024